10. Apr, 2015

(32)Catatan Anna Poesanto Gumelar Saturday, 28 March 2015

(32)Catatan Anna Poesanto Gumelar Saturday, 28 March 2015

(32)Catatan Anna Poesanto Gumelar
Saturday, 28 March 2015

From. : Renungan Harian. - RH.(65.3)
Sabtu, 28 Maret 2015

Bacaan : Matius 6:25-34
Setahun : Hakim-Hakim 15-17
Nats : Mengapa kamu khawatir mengenai pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan memintal, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. (Matius 6:28-29)

TULIP
Pada suatu musim semi, saya mengajak istri melihat bunga tulip yang bermekaran. "Anda datang pada waktu yang tepat, " kata salah satu petani tulip. "Jika Anda terlambat, bunga ini sudah layu." Hamparan bunga tulip yang berwarna-warni itu seperti karpet raksasa yang ditenun Tuhan. Tidak ada permadani buatan manusia seindah itu.

Kita barangkali tidak punya gambaran jelas tentang kemegahan dan keindahan jubah kebesaran yang dikenakan Salomo. Namun, dari penggambaran Yesus, kita bisa membayangkan betapa indah jubah itu. Uniknya, Yesus menyatakan kemegahan jubah Salomo itu tidak seindah hamparan bunga bakung yang tumbuh; yang tidak mendapatkannya dengan bekerja; yang tidak memintal benang bagi warna-warnanya. Bukan hanya bunga bakung, "rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api" (ay. 30) juga didandani Allah. Jika bunga bakung dan rumput Dia dandani sedemikian indah, terlebih lagi kita, manusia, yang diciptakan segambar dan serupa dengan Dia.

Bagi beberapa kalangan, pakaian bisa jadi persoalan genting. Begitu seriusnya mereka mendandani apa yang tampak di luar sehingga lupa memperhatikan apa yang di dalam yang justru lebih penting. Rasul Paulus menyatakan, "Perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah" (1 Pet 3:4). --Xavier Quentin P /Renungan Harian

PAKAIAN MENYEMBUNYIKAN BANYAK KEINDAHAN,
NAMUN TAK MAMPU MENUTUPI KEBURUKAN.--KAHLIL GIBRAN

--------------------------:
Judul. : TULIP
Bacaan Hari ini. : Matius 6:25-34
Hal kekuatiran
(25) "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? (26) Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? (27) Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? (28) Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, (29) namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. (30) Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya? (31) Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? (32) Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. (33) Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (34) Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."
----------------------
Ayat Nats. : Matius 6:28-29
(28) Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, (29) namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

Pada suatu musim semi, saya mengajak istri melihat bunga tulip yang bermekaran. "Anda datang pada waktu yang tepat, " kata salah satu petani tulip.
"Jika Anda terlambat, bunga ini sudah layu."
Hamparan bunga tulip yang berwarna-warni itu seperti karpet raksasa yang ditenun Tuhan.
Tidak ada permadani buatan manusia seindah itu.

Kita barangkali tidak punya gambaran jelas tentang kemegahan dan keindahan jubah kebesaran yang dikenakan Salomo.
Namun, dari penggambaran Yesus, kita bisa membayangkan betapa indah jubah itu. Uniknya, Yesus menyatakan kemegahan jubah Salomo itu tidak seindah hamparan bunga bakung yang tumbuh; yang tidak mendapatkannya dengan bekerja; yang tidak memintal benang bagi warna-warnanya.
Bukan hanya bunga bakung, "rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api" (ay. 30) juga didandani Allah.
Matius. 6:30
(30) Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?

Jika bunga bakung dan rumput Dia dandani sedemikian indah, terlebih lagi kita, manusia, yang diciptakan segambar dan serupa dengan Dia.

Bagi beberapa kalangan, pakaian bisa jadi persoalan genting.
Begitu seriusnya mereka mendandani apa yang tampak di luar sehingga lupa memperhatikan apa yang di dalam yang justru lebih penting. Rasul Paulus menyatakan, "Perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah" (1 Pet 3:4).
1 Petrus 3:4
Hidup bersama suami isteri
(4) tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.
--Xavier Quentin P /Renungan Harian

PAKAIAN MENYEMBUNYIKAN BANYAK KEINDAHAN,
NAMUN TAK MAMPU MENUTUPI KEBURUKAN.--KAHLIL GIBRAN

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-Hakim 15-17

Hakim-Hakim 15:1-20
1. Hakim-Hakim 15:1-20
Simson melawan orang Filistin

Hakim-Hakim 16:1-31
1. Hakim-Hakim 16:1-3
Simson di Gaza
2. Hakim-Hakim 16:4-22
Simson dan Delila
3. Hakim-Hakim 16:23-31
Simson mati

Hakim-Hakim 17:1-13
1. Hakim-Hakim 17:1-13
Patung sembahan Mikha

--------------------------:

From : CPG (Christian Pocket Guide). - CPG. (65.3)
Sabtu, 28 Maret 2015

Cara Menghidupkan Kembali Kasih Yang Hilang
28 Maret 2015

Bacaan Hari ini :
Wahyu 2:4-5 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

Sepintas, Anda mungkin tidak berpikir jika kitab Wahyu yang dipenuhi dengan gambaran binatang buas, anak domba, dan malaikat - sebenarnya berhubungan dengan romantisme dan kasih sayang yang dibutuhkan untuk mempertahankan sebuah pernikahan.

Dalam Wahyu 2:4-5, Yesus menggunakan sebuah analogi romantisme percintaan untuk mendeskripsikan hubungan sebuah gereja yang telah tersesat. Yesus berkata kepada jemaat di Laodikia: Engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan.

Lalu Dia mengatakan kepada kita untuk melakukan empat hal penting dalam menghidupkan kembali pernikahan kita: ingat, kembali, bertobat, dan ulangi.

1. Ingat. Pikirkan tentang apa yang Anda lakukan di hari-hari pertama Anda bersama pasangan Anda yang membuat Anda jatuh cinta kepadanya. Pikirkan tentang hari-hari bahagia itu. Berhenti memikirkan semua masalah Anda, dan ingat bagaimana kasih sayang Anda tumbuh pertama kali.

2. Kembali. Kembali fokus pada Allah. Memang sulit untuk hanya fokus kepada Allah. Biasanya yang menjadi pusat pikiran kita adalah masalah, tekanan atau karir kita. Namun bila Anda mau kembali kepada kasih Anda yang semula, Anda harus memusatkan perhatian Anda kembali kepada Allah.

3. Bertobat. Putuskan untuk mengubah cara Anda berpikir dan bertindak. Kasih bukanlah sebuah perasaan, tetapi ia menciptakan perasaan perasaan lain - kadang berupa perasaan-perasaan yang begitu kuat. Kasih adalah sebuah pilihan. Kasih adalah satu komitmen untuk menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan Anda sendiri. Motif lain selain itu bukanlah kasih. Allah tidak akan memerintahkan kita untuk melakukannya jika itu bukan sebuah perasaan. Namun Allah memerintahkan kita berulang kali dalam Firman-Nya untuk memilih mengasihi orang lain (termasuk pasangan kita). Ketika Anda membuat pilihan untuk mengasihi pasangan Anda, maka itu sama seperti Yesus mengasihi Anda sebelum Anda bahkan belum mengasihi-Nya. Ini baru yang disebut pertobatan.

4. Ulangi. Lakukan apa yang Anda lakukan di awal pernikahan Anda. Lakukan apa yang Anda lakukan ketika Anda jatuh cinta kepada pasangan Anda pertama kali. Perasaan selalu mengikuti tindakan. Lebih mudah untuk merasakan apa yang Anda lakukan, ketimbang melakukan apa yang Anda rasakan. Jika Anda menunggu untuk merasa sayang dan mengasihi, iblis akan memastikan Anda tidak akan pernah merasakannya. Jadi, pilihlah untuk bertindak dengan cara yang penuh kasih, dan perasaan itu akan muncul kembali.

Jenis kasih sayang yang memimpin kita pada satu hubungan pernikahan yang kekal cenderung sulit dilakukan. Permasalahan pasti hampir tak bisa terelakkan. Tapi bagaimana Anda akan menghadapinya ketika masalah datang?


Renungkan hal ini :

Hal apa tentang hari-hari pertama Anda bersama pasangan Anda yang membuat Anda jatuh cinta padanya?

Gangguan-gangguan apa yang menahan Anda dan pasangan Anda untuk tetap fokus hanya kepada Allah?
____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 4-6; Lukas 4:31-44
____________________________________
"Ingat, kembali, bertobat, dan ulangi" harus terus-menerus dilakukan dalam hubungan apapun. (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

--------------------------:
Judul. : Cara Menghidupkan Kembali Kasih Yang Hilan
Bacaan Hari ini. : Wahyu 2:4-5
Kepada jemaat di Efesus
(4) Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. (5) Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

Dalam Wahyu 2:4-5, Yesus menggunakan sebuah analogi romantisme percintaan untuk mendeskripsikan hubungan sebuah gereja yang telah tersesat. Yesus berkata kepada jemaat di Laodikia: Engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan.

Dalam Wahyu 2:4-5, Yesus menggunakan sebuah analogi romantisme percintaan untuk mendeskripsikan hubungan sebuah gereja yang telah tersesat. Yesus berkata kepada jemaat di Laodikia: Engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan.

Lalu Dia mengatakan kepada kita untuk melakukan empat hal penting dalam menghidupkan kembali pernikahan kita: ingat, kembali, bertobat, dan ulangi.

1. Ingat. Pikirkan tentang apa yang Anda lakukan di hari-hari pertama Anda bersama pasangan Anda yang membuat Anda jatuh cinta kepadanya. Pikirkan tentang hari-hari bahagia itu. Berhenti memikirkan semua masalah Anda, dan ingat bagaimana kasih sayang Anda tumbuh pertama kali.

2. Kembali. Kembali fokus pada Allah. Memang sulit untuk hanya fokus kepada Allah. Biasanya yang menjadi pusat pikiran kita adalah masalah, tekanan atau karir kita. Namun bila Anda mau kembali kepada kasih Anda yang semula, Anda harus memusatkan perhatian Anda kembali kepada Allah.

3. Bertobat. Putuskan untuk mengubah cara Anda berpikir dan bertindak. Kasih bukanlah sebuah perasaan, tetapi ia menciptakan perasaan perasaan lain - kadang berupa perasaan-perasaan yang begitu kuat. Kasih adalah sebuah pilihan. Kasih adalah satu komitmen untuk menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan Anda sendiri. Motif lain selain itu bukanlah kasih. Allah tidak akan memerintahkan kita untuk melakukannya jika itu bukan sebuah perasaan. Namun Allah memerintahkan kita berulang kali dalam Firman-Nya untuk memilih mengasihi orang lain (termasuk pasangan kita). Ketika Anda membuat pilihan untuk mengasihi pasangan Anda, maka itu sama seperti Yesus mengasihi Anda sebelum Anda bahkan belum mengasihi-Nya. Ini baru yang disebut pertobatan.

4. Ulangi. Lakukan apa yang Anda lakukan di awal pernikahan Anda. Lakukan apa yang Anda lakukan ketika Anda jatuh cinta kepada pasangan Anda pertama kali. Perasaan selalu mengikuti tindakan. Lebih mudah untuk merasakan apa yang Anda lakukan, ketimbang melakukan apa yang Anda rasakan. Jika Anda menunggu untuk merasa sayang dan mengasihi, iblis akan memastikan Anda tidak akan pernah merasakannya. Jadi, pilihlah untuk bertindak dengan cara yang penuh kasih, dan perasaan itu akan muncul kembali.

Jenis kasih sayang yang memimpin kita pada satu hubungan pernikahan yang kekal cenderung sulit dilakukan. Permasalahan pasti hampir tak bisa terelakkan. Tapi bagaimana Anda akan menghadapinya ketika masalah datang?

Renungkan hal ini :
Hal apa tentang hari-hari pertama Anda bersama pasangan Anda yang membuat Anda jatuh cinta padanya?
Gangguan-gangguan apa yang menahan Anda dan pasangan Anda untuk tetap fokus hanya kepada Allah?

"Ingat, kembali, bertobat, dan ulangi" harus terus-menerus dilakukan dalam hubungan apapun. (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-hakim 4-6; Lukas 4:31-44

Hakim-hakim 4-6
Hakim-Hakim 4:1-24
1. Hakim-Hakim 4:1-24
Debora dan Barak

Hakim-Hakim 5:1-31
1. Hakim-Hakim 5:1-31
Nyanyian Debora

Hakim-Hakim 6:1-40
1. Hakim-Hakim 6:1-40
Gideon diangkat menjadi Hakim

Lukas 4:31-44
1. Lukas 4:31-37
Yesus dalam rumah ibadat di Kapernaum
2. Lukas 4:38-41
Yesus menyembuhkan ibu mertua Simon Petrus dan orang-orang lain
3. Lukas 4:42-44
Yesus mengajar di kota-kota lain

--------------------------:

Lagu2 Puji Pujian
---------------------

No. 52. KU TAHU TUHAN PASTI BUKA JALAN

‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
--------------------------
Kutahu Tuhan Pasti Buka Jalan. By .Samuel AFI

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/7SOvY91eBrs

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 53. Ku Tak Dapat Jalan Sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarMu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Melewati lembah duka semu
jalanku gelap dan ngeri
Tuhanku perlu pertolonganmu
sbab ku tak dapat jalan sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku,
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tau ku tak dapat jalan sendiri

Tiada orang yang menolong daku
ku sangat lemah dan letih
Jalanlah Tuhan dekat padaku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri
--------------------------------
Ku Tak Dapat Jalan Sendiri - Nikita.wmv

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/oKhD3Ql-o8Q

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 54. TIAP LANGKAHKU

TIAP LANGKAHKU DIATUR OLEH TUHAN
DAN TANGAN KASIH-NYA MEMIMPINKU
DI TENGAH BADAI DUNIA MENAKUTKAN
HATIKU TETAP TENANG TEDUH
TIAP LANGKAHKU ‘KU TAHU YANG TUHAN PIMPIN
KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTAR-NYA
HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA
DI RUMAH BAPA SURGA YANG BAKA
DI WAKTU IMANKU MULAI GOYAH
DAN BILA JALANKU HAMPIR SESAT
‘KU PANDANG TUHANKU PENEBUS DOSA
‘KU TEGUH SEBAB DIA DEKAT
DI DALAM TUHAN SAJA HARAPANKU
SEBAB DI TANGAN-NYA SEJAHTERA
DIBUKA-NYA YERUSALEM YANG BARU
KOTA ALLAH SUCI MULIA
------------------------------
Tiap Langkahku

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/8yAqKgXAKRg

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

Doa:
Puji Tuhan ,Trima Kasih Tuhan atas kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini.
Tuhan,berilah aku telinga yang siap mendengar setiap hikmat Tuhan yang menuntunku untuk melangkah dengan benar.
Tuhan kami serahkan sepanjang malam kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Terpujilah Tuhan ,didalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita ,semua ini kami mohonkan . Puji Tuhan , Haleluyah, Amin.

** have a nice day *
°˚˚° Happy Saturday. °˚˚°
° May God Bless you °
° Today and Always °
°˚˚°
Sumber: [Muktiana Gumelar]
www.muktianapgumelar.net

Copyright :
www.renunganharian.net
Copyright - SABDA.org -
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh

NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w

Sabtu, 28 Maret 2015