27. Mar, 2015

(29)Catatan Anna Poesanto Gumelar Wednesday, 25 March 2015

(29)Catatan Anna Poesanto Gumelar Wednesday, 25 March 2015

(29)Catatan Anna Poesanto Gumelar
Wednesday, 25 March 2015

From. : Renungan Harian. - RH.(64.3)
Rabu, 25 Maret 2015

Bacaan : Matius 15:21-28
Setahun : Hakim-Hakim 8-9
Nats : Hai Ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki. (Matius 15:28)

KETEKUNAN IMAN
Tuhan berkenan kepada orang-orang yang dengan tekun mencari Dia. Ketekunan mampu memancarkan seberapa besar keyakinan dan pengharapan seseorang kepada Tuhan. Inilah yang menjadi alasan mengapa Tuhan memuji iman perempuan Kanaan. Ia datang kepada Yesus, memohon kesembuhan bagi anaknya yang sedang kerasukan setan. Namun, apa reaksi Yesus? Yesus tampak tidak peduli. Murid-murid Yesus pun tidak menyukai kehadiran perempuan ini, bahkan meminta supaya Yesus menyuruhnya pergi.

Hebatnya, perempuan Kanaan ini tidak patah arang. Bahkan saat Yesus berkata bahwa Dia diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel, ia tetap tidak menyerah. Perempuan ini justru semakin bersemangat mendekati Yesus! Sekali lagi Yesus berkata, "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Dan jawaban perempuan ini sungguh menakjubkan Yesus: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Yesus pun demikian takjub dan memuji iman perempuan ini.

Dalam banyak kesempatan Tuhan kerap kali menguji iman kita. Bagaimana sikap kita saat kita mengalami hal yang paling sulit dalam hidup kita dan ketika kita merasa betapa jauhnya Tuhan dari hidup kita? Apakah kita tetap bertekun mencari Dia? Bertekun dalam iman yang benar berarti percaya kepada Tuhan dalam segala keadaan dan terus mencari-Nya sekalipun seolah-olah Tuhan jauh dari hidup kita. Dalam situasi seperti inilah Tuhan melihat iman kita. --Samuel Yudi S /Renungan Harian


Terkadang Tuhan berdiam diri bukan karena Ia tidak memperhatikan;
dia hanya ingin menguji ketekunan iman kita kepada-Nya

--------------------------:
Judul. : KETEKUNAN IMAN
Bacaan Hari ini. : Matius 15:21-28
Perintah Allah dan adat istiadat Yahudi
(21) Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. (22) Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." (23) Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." (24) Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." (25) Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." (26) Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." (27) Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." (28) Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Ayat Nats. : Matius 15:28
(28) Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

KETEKUNAN IMAN
Tuhan berkenan kepada orang-orang yang dengan tekun mencari Dia. Ketekunan mampu memancarkan seberapa besar keyakinan dan pengharapan seseorang kepada Tuhan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa Tuhan memuji iman perempuan Kanaan.
Ia datang kepada Yesus, memohon kesembuhan bagi anaknya yang sedang kerasukan setan.
Namun, apa reaksi Yesus?
Yesus tampak tidak peduli.
Murid-murid Yesus pun tidak menyukai kehadiran perempuan ini, bahkan meminta supaya Yesus menyuruhnya pergi.

Hebatnya, perempuan Kanaan ini tidak patah arang. Bahkan saat Yesus berkata bahwa Dia diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel, ia tetap tidak menyerah. Perempuan ini justru semakin bersemangat mendekati Yesus! Sekali lagi Yesus berkata, "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
Dan jawaban perempuan ini sungguh menakjubkan Yesus: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
Yesus pun demikian takjub dan memuji iman perempuan ini.

Dalam banyak kesempatan Tuhan kerap kali menguji iman kita.
Bagaimana sikap kita saat kita mengalami hal yang paling sulit dalam hidup kita dan ketika kita merasa betapa jauhnya Tuhan dari hidup kita? Apakah kita tetap bertekun mencari Dia?
Bertekun dalam iman yang benar berarti percaya kepada Tuhan dalam segala keadaan dan terus mencari-Nya sekalipun seolah-olah Tuhan jauh dari hidup kita. Dalam situasi seperti inilah Tuhan melihat iman kita. --Samuel Yudi S /Renungan Harian


Terkadang Tuhan berdiam diri bukan karena Ia tidak memperhatikan;
dia hanya ingin menguji ketekunan iman kita kepada-Nya
--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-Hakim 8-9

Hakim-Hakim 8:1-35 (from Hakim-Hakim 7:1-25)
1. Hakim-Hakim 8:1-3
Gideon mengusir musuh
2. Hakim-Hakim 8:4-21
Orang Midian dikalahkan, raja-rajanya dibunuh
3. Hakim-Hakim 8:22-35
Perbuatan Gideon selanjutnya dan akhir hidupnya

Hakim-Hakim 9:1-57
1. Hakim-Hakim 9:1-49
Abimelekh menjadi raja di Sikhem
2. Hakim-Hakim 9:50-57
Abimelekh mati ditimpa batu
--------------------------:

From : CPG (Christian Pocket Guide). - CPG. (64.3)
Rabu, 25 Maret 2015

Lepaskan Sakit Hati Anda
25 Maret 2015

Bacaan Hari ini :
Kolose 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Banyak dari kita kenal seseorang yang melakukan hal-hal yang gila dan menyakitkan kepada kita, bahkan yang lebih parah lagi, kepada seseorang yang kita cintai. Dalam hati kita berpikir, "Saya tahu orang Kristen harus mengampuni, jadi saya akan mengampuni. Saya akan mengampuninya jika ia mengampuni saya."

Masalahnya adalah, Anda masih menyimpan rasa sakit hati. Sebenarnya orang tersebut mungkin tidak pernah meminta Anda untuk mengampuninya. Dia mungkin tidak pernah mengatakan dia menyesal, sebab mungkin dia tidak tahu atau sadar dengan apa yang telah ia lakukan pada Anda. Jadi Anda akhirnya kesal dengan sesuatu yang orang tersebut mungkin sudah lupakan. Dan rasa kesal ini menggerogoti hati Anda!

Jangan memendam sakit hati, karena kekesalan hanya akan menghancurkan Anda. Kebencian itu ibaratnya meminum racun tapi berharap itu akan membunuh orang lain. Itu tak akan pernah berhasil. Anda harus memutuskan bahwa, sebelum perkara lain terjadi, Anda akan mengampuni orang itu.

Yesus mengatakan hal ini bahkan dalam keadaan yang paling ekstrim, saat Dia berada di kayu salib: Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat (Lukas 23:34a).

Jadi apa yang harus Anda lakukan? Ketika Anda bergumul untuk mengampuni, ingatlah karunia besar itu: pengampunan Allah.

Ingat ayat seperti dalam Kolose 3:13: Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Anda bisa menghafalkan ayat ini dan memikirkannya sepanjang hari, sebab percayalah, Anda akan menemui banyak keadaan dimana Anda bisa menggunakannya.

Kata sabarlah dalam ayat ini berasal dari kata Yunani yang berarti "untuk bersabar, untuk bertahan, untuk bertoleransi. Pada intinya, memaklumi seseorang. Yesus berkata, Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan (Matius 5:7). Saya ingin berkat Tuhan mengalir dalam hidup saya dan Anda. Salah satu cara untuk Anda menerimanya yaitu dengan berbelas kasih.

Renungkan hal ini :

Rasa sakit apa yang masih Anda simpan?

Apa yang perlu Anda lakukan hari ini sehingga rasa sakit tersebut tidak berubah menjadi kebencian?
____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 19-21; Lukas 2:25-52
____________________________________

Lepaskan rasa sakit Anda dan berikanlah pengampunan, karena pengampunan memulihkan kehidupan orang lain (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

--------------------------:
Judul. : Lepaskan Sakit Hati Anda
Bacaan Hari ini. : Kolose 3:13
Manusia baru
(13) Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Banyak dari kita kenal seseorang yang melakukan hal-hal yang gila dan menyakitkan kepada kita, bahkan yang lebih parah lagi, kepada seseorang yang kita cintai.
Dalam hati kita berpikir, "Saya tahu orang Kristen harus mengampuni, jadi saya akan mengampuni. Saya akan mengampuninya jika ia mengampuni saya."

Masalahnya adalah, Anda masih menyimpan rasa sakit hati.
Sebenarnya orang tersebut mungkin tidak pernah meminta Anda untuk mengampuninya.
Dia mungkin tidak pernah mengatakan dia menyesal, sebab mungkin dia tidak tahu atau sadar dengan apa yang telah ia lakukan pada Anda.
Jadi Anda akhirnya kesal dengan sesuatu yang orang tersebut mungkin sudah lupakan. Dan rasa kesal ini menggerogoti hati Anda!

Jangan memendam sakit hati, karena kekesalan hanya akan menghancurkan Anda. Kebencian itu ibaratnya meminum racun tapi berharap itu akan membunuh orang lain. Itu tak akan pernah berhasil.
Anda harus memutuskan bahwa, sebelum perkara lain terjadi, Anda akan mengampuni orang itu.

Yesus mengatakan hal ini bahkan dalam keadaan yang paling ekstrim, saat Dia berada di kayu salib:
Yesus berkata: Lukas 23:34a
Yesus kembali di hadapan Pilatus
(34a) Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Jadi apa yang harus Anda lakukan? Ketika Anda bergumul untuk mengampuni, ingatlah karunia besar itu: pengampunan Allah.

Ingat ayat seperti dalam Kolose 3:13:
(13) Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Anda bisa menghafalkan ayat ini dan memikirkannya sepanjang hari, sebab percayalah, Anda akan menemui banyak keadaan dimana Anda bisa menggunakannya.

Kata sabarlah dalam ayat ini berasal dari kata Yunani yang berarti "untuk bersabar, untuk bertahan, untuk bertoleransi. Pada intinya, memaklumi seseorang.
Yesus berkata, (Matius 5:7).
Ucapan bahagia
(7) Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.

Saya ingin berkat Tuhan mengalir dalam hidup saya dan Anda. Salah satu cara untuk Anda menerimanya yaitu dengan berbelas kasih.

Renungkan hal ini :
Rasa sakit apa yang masih Anda simpan?
Apa yang perlu Anda lakukan hari ini sehingga rasa sakit tersebut tidak berubah menjadi kebencian?


Lepaskan rasa sakit Anda dan berikanlah pengampunan, karena pengampunan memulihkan kehidupan orang lain (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Yosua 19-21; Lukas 2:25-52

Yosua 19-21
Yosua 19:1-51
1. Yosua 19:1-9
Milik pusaka suku Simeon
2. Yosua 19:10-16
Milik pusaka suku Zebulon
3. Yosua 19:17-23
Milik pusaka suku Isakhar
4. Yosua 19:24-31
Milik pusaka suku Asyer
5. Yosua 19:32-39
Milik pusaka suku Naftali
6. Yosua 19:40-48
Milik pusaka suku Dan
7. Yosua 19:49-51
Milik pusaka Yosua

Yosua 20:1-9
1. Yosua 20:1-9
Kota-kota perlindungan

Yosua 21:1-45
1. Yosua 21:1-42
Kota-kota orang Lewi
2. Yosua 21:43-45
Keamanan di negeri yang dijanjikan TUHAN

Lukas 2:25-52
1. Lukas 2:25-40. ( Lukas 2:21-40 )
Yesus disunat dan diserahkan kepada Tuhan — Simeon dan Hana
2. Lukas 2:41-52
Yesus pada umur dua belas tahun dalam Bait Allah

--------------------------:

Lagu2 Puji Pujian
---------------------

No. 52. KU TAHU TUHAN PASTI BUKA JALAN

‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
--------------------------
Kutahu Tuhan Pasti Buka Jalan. By .Samuel AFI

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/7SOvY91eBrs

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 53. Ku Tak Dapat Jalan Sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarMu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Melewati lembah duka semu
jalanku gelap dan ngeri
Tuhanku perlu pertolonganmu
sbab ku tak dapat jalan sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku,
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tau ku tak dapat jalan sendiri

Tiada orang yang menolong daku
ku sangat lemah dan letih
Jalanlah Tuhan dekat padaku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri
--------------------------------
Ku Tak Dapat Jalan Sendiri - Nikita.wmv

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/oKhD3Ql-o8Q

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 54. TIAP LANGKAHKU

TIAP LANGKAHKU DIATUR OLEH TUHAN
DAN TANGAN KASIH-NYA MEMIMPINKU
DI TENGAH BADAI DUNIA MENAKUTKAN
HATIKU TETAP TENANG TEDUH
TIAP LANGKAHKU ‘KU TAHU YANG TUHAN PIMPIN
KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTAR-NYA
HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA
DI RUMAH BAPA SURGA YANG BAKA
DI WAKTU IMANKU MULAI GOYAH
DAN BILA JALANKU HAMPIR SESAT
‘KU PANDANG TUHANKU PENEBUS DOSA
‘KU TEGUH SEBAB DIA DEKAT
DI DALAM TUHAN SAJA HARAPANKU
SEBAB DI TANGAN-NYA SEJAHTERA
DIBUKA-NYA YERUSALEM YANG BARU
KOTA ALLAH SUCI MULIA
------------------------------
Tiap Langkahku

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/8yAqKgXAKRg

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

Doa:
Puji Tuhan ,Trima Kasih Tuhan atas kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini.
Tuhan,berilah aku telinga yang siap mendengar setiap hikmat Tuhan yang menuntunku untuk melangkah dengan benar.
Tuhan kami serahkan sepanjang malam kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Terpujilah Tuhan ,didalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita ,semua ini kami mohonkan . Puji Tuhan , Haleluyah, Amin.

** have a nice day *
°˚˚° Happy Wednesday °˚˚°
° May God Bless you °
° Today and Always °
°˚˚°
Sumber: [Muktiana Gumelar]
www.muktianapgumelar.net

Copyright :
www.renunganharian.net
Copyright - SABDA.org -
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh

NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w

Rabu, 25 Maret 2015