10. Apr, 2015

(36)Catatan Anna Poesanto Gumelar Wednesday, 01 April 2015

(36)Catatan Anna Poesanto Gumelar Wednesday, 01 April 2015

(36)Catatan Anna Poesanto Gumelar
Wednesday, 01 April 2015

From. : Renungan Harian. - RH.(67.1)
Rabu, 1 April 2015

Bacaan : 1 Timotius 6:11-21
Setahun : 1 Samuel 1-3
Nats : Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam perbuatan baik, suka memberi dan membagi. (1 Timotius 6:18)

SALURAN BERKAT
Chen Shu Chu pedagang sayur-mayur di Taitung, Taiwan. Selama 18 tahun oberdagang, ia menyisihkan sebanyak 2, 8 miliar rupiah keuntungannya untuk menyantuni orang miskin dan anak telantar. Pada 2012 ia dianugerahi Penghargaan Ramon Magsaysay dan memperoleh hadiah sebesar 50 ribu dolar AS. Ah, ternyata penjual sayur murah hati itu menghibahkan dana tersebut untuk membantu rumah sakit yang memerlukan peralatan UGD.

Firman Tuhan memberikan peringatan pada orang kaya yang mengagung-agungkan kekayaannya. Harta yang berlimpah ruah sering menjadikan manusia sombong. Padahal, orang yang kaya sebenarnya diberkati Allah untuk menjadi saluran berkat bagi orang lain. Sungguh indah keadaan dunia ini jika saja orang kaya mau menjalankan kebajikannya dengan memberi dan membagi harta miliknya dengan orang lain yang memerlukan bantuan (ay. 18). Bukankah misi ini sejalan dengan sikap Yesus yang mengasihi dan berbuat baik pada orang-orang miskin yang terpinggirkan?

Chen Shu Chu adalah salah satu contoh nyata. Ternyata masih ada orang yang mau berbuat baik bagi sesamanya tanpa pamrih. Kita sebagai orang yang diberkati Tuhan, walaupun mungkin bukan orang kaya-raya, dipanggil untuk memberi dan berbagi dengan harta yang dipercayakan pada kita. Ketika kita berbuat baik dengan tulus dan ikhlas, sesungguhnya Allah telah menyediakan berkat untuk kita salurkan. Bersiaplah dipakai Tuhan menjadi saluran berkat-Nya. Kiranya Tuhan dipermuliakan melalui kebajikan kita. --Tjetjep Gunawan /Renungan Harian

SALAH SATU KENIKMATAN HIDUP ORANG KRISTEN
ADALAH KETIKA MEMBERI DAN BERBAGI DENGAN TULUS IKHLAS.

--------------------------:
Judul. : SALURAN BERKAT

Bacaan Hari ini. : 1 Timotius 6:11-21
Pesan penutup
(11) Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. (12) Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. (13) Di hadapan Allah yang memberikan hidup kepada segala sesuatu dan di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu: (14) Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya, (15) yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. (16) Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin. (17) Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. (18) Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi (19) dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya. (20) Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan, (21) karena ada beberapa orang yang mengajarkannya dan dengan demikian telah menyimpang dari iman. Kasih karunia menyertai kamu!
----------------------
Ayat Nats. : 1 Timotius 6:18
(18) Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi

Firman Tuhan memberikan peringatan pada orang kaya yang mengagung-agungkan kekayaannya. Harta yang berlimpah ruah sering menjadikan manusia sombong. Padahal, orang yang kaya sebenarnya diberkati Allah untuk menjadi saluran berkat bagi orang lain.
Sungguh indah keadaan dunia ini jika saja orang kaya mau menjalankan kebajikannya dengan memberi dan membagi harta miliknya dengan orang lain yang memerlukan bantuan (ay. 18).
1 Timotius 6:18
(18) Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi

Bukankah misi ini sejalan dengan sikap Yesus yang mengasihi dan berbuat baik pada orang-orang miskin yang terpinggirkan?

Chen Shu Chu adalah salah satu contoh nyata. Ternyata masih ada orang yang mau berbuat baik bagi sesamanya tanpa pamrih.

Kita sebagai orang yang diberkati Tuhan, walaupun mungkin bukan orang kaya-raya, dipanggil untuk memberi dan berbagi dengan harta yang dipercayakan pada kita.

Ketika kita berbuat baik dengan tulus dan ikhlas, sesungguhnya Allah telah menyediakan berkat untuk kita salurkan.

Bersiaplah dipakai Tuhan menjadi saluran berkat-Nya.
Kiranya Tuhan dipermuliakan melalui kebajikan kita. --Tjetjep Gunawan /Renungan Harian

SALAH SATU KENIKMATAN HIDUP ORANG KRISTEN
ADALAH KETIKA MEMBERI DAN BERBAGI DENGAN TULUS IKHLAS.

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
1 Samuel 1-3

1 Samuel 1:1-28
1. 1 Samuel 1:1-28
Lahirnya Samuel

1 Samuel 2:1-36
1. 1 Samuel 2:1-10
Puji-pujian Hana
2. 1 Samuel 2:11-26
Kejahatan anak-anak Eli
3. 1 Samuel 2:27-36
Nubuat tentang Eli dan kaum keluarganya

1 Samuel 3:1-21
1. 1 Samuel 3:1-21
Samuel terpanggil

--------------------------:

From : CPG (Christian Pocket Guide). - CPG. (67.1)
1 April 2015

Tiga Tanggapan Terhadap Injil
01 April 2015

Bacaan Hari ini :
1 Korintus 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

Selama perjalanan saya melayani, saya mendapati bahwa beberapa orang lebih terbuka terhadap Injil dibanding dengan yang lain. Saya tak pernah tahu bagaimana cara kerjanya, saya hanya berbagi Firman Tuhan dengan orang- orang dan mengajak mereka untuk datang kepada Kristus. Selama ini saya melihat bahwa orang-orang menanggapinya dengan berbeda.

Rasul Paulus mendapat tiga reaksi orang yang berbeda terhadap Injil saat ia berkhotbah: Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: "Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu." Tetapi beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya, di antaranya juga Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan mereka (Kisah Para Rasul 17:32,34).

Kita menemukan tanggapan yang sama terhadap Injil di zaman ini. Beberapa orang akan mengejek. Istilah "mengejek yang digunakan dalam Kisah Para Rasul 17 juga bisa diterjemahkan sebagai "mencemooh" atau "tertawa terbahak-bahak." "Apa kau bercanda? Kau benar-benar percaya itu?"

Bagi orang-orang bodoh yang berpendidikan ini, semuanya tampak konyol dan tak masuk akal. Tapi ejekan ini adalah satu pertanda yang menyatakan bahwa mereka akan binasa, sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa (1 Korintus 1:18).

Beberapa orang akan mengejek, sementara yang lain akan menunda. "Semoga lain kali kita bisa bertemu lagi mendiskusikan hal ini." Ini tanggapan yang paling sering kita jumpai. Apa yang sebetulnya mereka maksud adalah, "Saya benar-benar tak mau mengambil keputusan sekarang. Iblis menggunakan taktik ini untuk sebuah efek yang besar. Jangan khawatir akan hal itu. Anda akan menuai hasil pelayanan Anda kelak.

Beberapa orang akan percaya. Tapi beberapa akan bertobat dan berubah pikiran, dan di antara mereka adalah Dionisius orang Areopagus, salah satu hakim yang adalah seorang cendikiawan dan senator kota.

Ini yang saya mengerti: pertobatan adalah tugas Allah, bukan tugas kita. Itu adalah pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan orang yang belum percaya.
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 13; Lukas 6:27-49
____________________________________
Allah menuntut kita bertanggung jawab untuk memberitakan kebenaran-Nya. Tapi sisanya terserah kepada-Nya. (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie).

--------------------------:
Judul. : Tiga Tanggapan Terhadap Injil
Bacaan Hari ini. : 1 Korintus 1:18
Hikmat Allah dan hikmat manusia
(18) Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

Selama perjalanan saya melayani, saya mendapati bahwa beberapa orang lebih terbuka terhadap Injil dibanding dengan yang lain.
Saya tak pernah tahu bagaimana cara kerjanya,
saya hanya berbagi Firman Tuhan dengan orang- orang dan mengajak mereka untuk datang kepada Kristus.
Selama ini saya melihat bahwa orang-orang menanggapinya dengan berbeda.

Rasul Paulus mendapat tiga reaksi orang yang berbeda terhadap Injil saat ia berkhotbah: (Kisah Para Rasul 17:32,34).
Kisah Para Rasul 17:32,34
(32) Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: "Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu."
(34) Tetapi beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya, di antaranya juga Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan mereka.

Kita menemukan tanggapan yang sama terhadap Injil di zaman ini. Beberapa orang akan mengejek. Istilah "mengejek yang digunakan dalam Kisah Para Rasul 17 juga bisa diterjemahkan sebagai "mencemooh" atau "tertawa terbahak-bahak." "Apa kau bercanda? Kau benar-benar percaya itu?"

Bagi orang-orang bodoh yang berpendidikan ini, semuanya tampak konyol dan tak masuk akal. Tapi ejekan ini adalah satu pertanda yang menyatakan bahwa mereka akan binasa, sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa (1 Korintus 1:18).
(18) Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

Beberapa orang akan mengejek, sementara yang lain akan menunda. "Semoga lain kali kita bisa bertemu lagi mendiskusikan hal ini." Ini tanggapan yang paling sering kita jumpai.

Apa yang sebetulnya mereka maksud adalah, "Saya benar-benar tak mau mengambil keputusan sekarang.
Iblis menggunakan taktik ini untuk sebuah efek yang besar. Jangan khawatir akan hal itu. Anda akan menuai hasil pelayanan Anda kelak.

Beberapa orang akan percaya. Tapi beberapa akan bertobat dan berubah pikiran, dan di antara mereka adalah Dionisius orang Areopagus, salah satu hakim yang adalah seorang cendikiawan dan senator kota.

Ini yang saya mengerti: pertobatan adalah tugas Allah, bukan tugas kita. Itu adalah pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan orang yang belum percaya.

Allah menuntut kita bertanggung jawab untuk memberitakan kebenaran-Nya. Tapi sisanya terserah kepada-Nya. (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie).

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-hakim 13; Lukas 6:27-49

Hakim-Hakim 13:1-25
1. Hakim-Hakim 13:1-25
Lahirnya Simson

Lukas 6:27-49
1. Lukas 6:27-36
Kasihilah musuhmu
2. Lukas 6:37-42
Hal menghakimi
3. Lukas 6:43-45
Pohon dan buahnya
4. Lukas 6:46-49
Dua macam dasar

--------------------------:

Lagu2 Puji Pujian
---------------------

No. 52. KU TAHU TUHAN PASTI BUKA JALAN

‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
--------------------------
Kutahu Tuhan Pasti Buka Jalan. By .Samuel AFI

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/7SOvY91eBrs

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 53. Ku Tak Dapat Jalan Sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarMu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Melewati lembah duka semu
jalanku gelap dan ngeri
Tuhanku perlu pertolonganmu
sbab ku tak dapat jalan sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku,
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tau ku tak dapat jalan sendiri

Tiada orang yang menolong daku
ku sangat lemah dan letih
Jalanlah Tuhan dekat padaku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri
--------------------------------
Ku Tak Dapat Jalan Sendiri - Nikita.wmv

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/oKhD3Ql-o8Q

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 54. TIAP LANGKAHKU

TIAP LANGKAHKU DIATUR OLEH TUHAN
DAN TANGAN KASIH-NYA MEMIMPINKU
DI TENGAH BADAI DUNIA MENAKUTKAN
HATIKU TETAP TENANG TEDUH
TIAP LANGKAHKU ‘KU TAHU YANG TUHAN PIMPIN
KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTAR-NYA
HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA
DI RUMAH BAPA SURGA YANG BAKA
DI WAKTU IMANKU MULAI GOYAH
DAN BILA JALANKU HAMPIR SESAT
‘KU PANDANG TUHANKU PENEBUS DOSA
‘KU TEGUH SEBAB DIA DEKAT
DI DALAM TUHAN SAJA HARAPANKU
SEBAB DI TANGAN-NYA SEJAHTERA
DIBUKA-NYA YERUSALEM YANG BARU
KOTA ALLAH SUCI MULIA
------------------------------
Tiap Langkahku

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/8yAqKgXAKRg

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

Doa:
Puji Tuhan ,Trima Kasih Tuhan atas kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini.
Tuhan,berilah aku telinga yang siap mendengar setiap hikmat Tuhan yang menuntunku untuk melangkah dengan benar.
Tuhan kami serahkan sepanjang malam kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Terpujilah Tuhan ,didalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita ,semua ini kami mohonkan . Puji Tuhan , Haleluyah, Amin.

** have a nice day *
°˚˚° Happy Wednesday °˚˚°
° May God Bless you °
° Today and Always °
°˚˚°
Sumber: [Muktiana Gumelar]
www.muktianapgumelar.net

Copyright :
www.renunganharian.net
Copyright - SABDA.org -
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh

NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w

Rabu, 1 April 2015