10. Apr, 2015

(34)Catatan Anna Poesanto Gumelar Monday, 30 March 2015

(34)Catatan Anna Poesanto Gumelar Monday, 30 March 2015

(34)Catatan Anna Poesanto Gumelar
Monday, 30 March 2015

From. : Renungan Harian. - RH.(66.2)
Senin , 30 Maret 2015

Bacaan : Yehezkiel 36:22-32
Setahun : Hakim-Hakim 20-21
Nats : Yehezkiel 36:26

GANTI HATI
Dahlan Iskan, raja media yang menjadi Dirut PLN dan Menteri Negara BUMN, menderita sirosis hati pada 2007. Menurut tim dokter, satu-satunya jalan menyelamatkannya adalah dengan menjalani transplantasi hati. Hatinya harus dibuang dan diganti dengan hati yang baru. Tindakan ini sangat berisiko dan mahal. Pengalaman ini membuatnya memiliki cara pandang yang baru terhadap banyak hal, yang kemudian ia tuliskan dalam buku Ganti Hati.

Di mata Allah, bangsa Israel pada masa Yehezkiel memiliki hati yang keras, busuk, penuh dosa dan kejahatan. Mereka meninggalkan satu-satunya Allah yang hidup dan berpaling kepada ilah yang mati. Mereka mengandalkan hikmat dan kekuatan sendiri. Akibatnya, Allah menghukum mereka dengan membiarkan penguasa Babel menawan mereka. Israel dibuang dari negerinya dan mengalami sengsara di negeri asing.

Namun, Allah tetap mengasihi mereka. Dia mengutus nabi Yehezkiel untuk memberitakan pengharapan bahwa, setelah masa penghukuman itu, Allah akan melepaskan mereka dan membawa mereka kembali ke negeri asal. Bahkan, Allah akan memperbaharui hati umat-Nya: membuang hati yang keras dan menggantinya dengan hati yang lembut, yang patuh kepada Allah. Allah melakukannya dalam anugerah-Nya, hanya karena diri-Nya sendiri (ay. 22, 32). Karena memang, hanya Dialah yang berkuasa mengganti hati kita, sehingga kita mampu menjalani hidup yang memuliakan nama-Nya. Marilah menyerahkan hati kita kepada-Nya agar diperbaharui sesuai dengan kehendak-Nya. --Hembang Tambun /Renungan Harian

KEHIDUPAN YANG MAMPU MENAATI ALLAH
BERASAL DARI HATI YANG SUDAH DIPERBAHARUI OLEH-NYA.

--------------------------:
Judul. : GANTI HATI
Bacaan Hari ini. : Yehezkiel 36:22-32
Pembaharuan Israel
(22) Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang. (23) Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa. (24) Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu. (25) Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. (26) Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. (27) Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. (28) Dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu. (29) Aku akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu dan Aku akan menumbuhkan gandum serta memperbanyaknya, dan Aku tidak lagi mendatangkan kelaparan atasmu. (30) Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu, supaya kamu jangan lagi menanggung noda kelaparan di tengah bangsa-bangsa. (31) Dan kamu akan teringat-ingat kepada kelakuanmu yang jahat dan perbuatan-perbuatanmu yang tidak baik dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena kesalahan-kesalahanmu dan perbuatan-perbuata yang keji. (32) Bukan karena kamu Aku bertindak, demikianlah firman Tuhan ALLAH, ketahuilah itu. Merasa malulah kamu dan biarlah kamu dipermalukan karena kelakuanmu, hai kaum Israel.
----------------------
Ayat Nats. : Yehezkiel 36:26
(26) Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Di mata Allah, bangsa Israel pada masa Yehezkiel memiliki hati yang keras, busuk, penuh dosa dan kejahatan. Mereka meninggalkan satu-satunya Allah yang hidup dan berpaling kepada ilah yang mati.
Mereka mengandalkan hikmat dan kekuatan sendiri.
Akibatnya, Allah menghukum mereka dengan membiarkan penguasa Babel menawan mereka. Israel dibuang dari negerinya dan mengalami sengsara di negeri asing.

Namun, Allah tetap mengasihi mereka. Dia mengutus nabi Yehezkiel untuk memberitakan pengharapan bahwa, setelah masa penghukuman itu, Allah akan melepaskan mereka dan membawa mereka kembali ke negeri asal.
Bahkan, Allah akan memperbaharui hati umat-Nya: membuang hati yang keras dan menggantinya dengan hati yang lembut, yang patuh kepada Allah.

Allah melakukannya dalam anugerah-Nya, hanya karena diri-Nya sendiri (ay. 22, 32).
Yehezkiel 36:22,32
(22) Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.
(32) Bukan karena kamu Aku bertindak, demikianlah firman Tuhan ALLAH, ketahuilah itu. Merasa malulah kamu dan biarlah kamu dipermalukan karena kelakuanmu, hai kaum Israel.

Karena memang, hanya Dialah yang berkuasa mengganti hati kita, sehingga kita mampu menjalani hidup yang memuliakan nama-Nya.

Marilah menyerahkan hati kita kepada-Nya agar diperbaharui sesuai dengan kehendak-Nya. --Hembang Tambun /Renungan Harian

KEHIDUPAN YANG MAMPU MENAATI ALLAH
BERASAL DARI HATI YANG SUDAH DIPERBAHARUI OLEH-NYA.

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-Hakim 20-21

Hakim-Hakim 20:1-48
1. Hakim-Hakim 20:1-48
Peperangan orang Israel melawan bani Benyamin
Hakim-Hakim 21:1-25
1. Hakim-Hakim 21:1-25
Suku Benyamin dapat tetap hidup
--------------------------:

From : CPG (Christian Pocket Guide). - CPG. (66.2)
Senin, 30 Maret 2015

Realitas Pilihan: Akui jika Anda Butuh Bantuan
30 Maret 2015

Bacaan Hari ini :
Yakobus 4:6 "Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."

Dalam khotbah-Nya yang paling terkenal, Khotbah di Bukit, Ia menjelaskan tentang pilihan-pilihan yang membantu kita untuk sembuh dari luka, kegagalan dan kebiasaan yang mengacaukan hidup kita. Kebahagiaan pertama, dalam Matius 5:3 dikatakan, "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga."

Apa artinya menjadi "miskin di hadapan Allah"? Yesus berbicara bahwa tidak ada yang masuk ke Surga dengan kesombongan. Kita sampai di sana atas kasih karunia-Nya semata. Untuk menjadi miskin di hadapan Allah, Anda harus dengan rendah hati mengakui jika Anda butuh bantuan-Nya.

Yesus berkata, "Kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Oleh sebab itu, Anda harus menghadapi kebenaran tentang diri Anda sendiri dan berhenti hidup dalam penyangkalan. Kita menyebutnya realitas pilihan.

Tapi kenyataannya, kita tidak suka kebenaran itu. Kita suka kebenaran tentang orang lain, tapi kita tidak suka kebenaran tentang diri kita sendiri. Rasanya jauh lebih aman untuk menghindari kebenaran tentang diri Anda karena menyakitkan untuk menghadapinya. Kebenaran akan hal memberi persepuluhan akan memerdekakan Anda, meski awalnya Anda akan menderita saat Anda sadar jika ada banyak hal yang juga harus Anda ubah dalam hidup Anda.

Kabar baiknya ialah luka, kegagaglan dan kebiasaan buruk Anda dapat disembuhkan. Tapi berita buruknya ialah dibutuhkan kerendahan hati. Anda harus merendahkan hati Anda dan membuang jauh-jauh harga diri Anda. Dalam Yakobus 4:6b dikatakan, "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Ada beberapa kebenaran yang harus Anda akui di hadapan Tuhan jika Anda mau Dia memberkati hidup Anda. Dan hal pertama yang harus Anda akui adalah: Anda rusak.

Kita hidup di dunia yang rusak dimana tidak ada yang bekerja dengan sempurna. Perekonomian tidak bekerja dengan sempurna, hubungan kita dengan orang lain tidak bekerja dengan sempurna, dan tubuh kita tidak bekerja dengan sempurna.

Saat ini, semua orang memiliki pikiran yang kusut. Mereka tak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan. Sikap, ketertarikan, dan kecanduan kita saling tercampuraduk. Bahkan kita bingung dengan jati diri kita.

Yang harus Anda lakukan adalah menjadi diri Anda sendiri. Tapi pertama-tama Anda harus paham jika Anda adalah manusia yang telah rusak! Dan itu bukan masalah, sebab setelah Anda membuat pilihan untuk mengakuinya, Anda akan berada di jalan menuju kerendahan hati, yang mengarahkan Anda kepada kasih karunia-Nya.

Dan kasih karunia Allah akan menutupi kehancuran, luka, kebiasaan, dan kegagalan Anda. Itu kabar baik!

Renungkan hal ini:

Cara apa yang Anda pakai untuk menutupi kehancuran Anda di sekitar orang lain dan bahkan di hadapan Tuhan?

Mengapa Anda pikir ada kemerdekaan setelah mengakui kesalahan, rasa sakit, dan kegagalan kepada Tuhan?

Menurut Anda, bagaimana Tuhan dapat menggunakan kehancuran untuk memperluas Kerajaan-Nya? Bagaimana Anda ingin dipakai oleh-Nya?
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 9-10; Lukas 5:17-39
____________________________________
Anda harus merendahkan hati Anda dan membuang jauh-jauh harga diri Anda (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren).

--------------------------:
Judul. : Realitas Pilihan: Akui jika Anda Butuh Bantuan
Bacaan Hari ini. : Yakobus 4:6
Hawa nafsu dan persahabatan dengan dunia
(6) Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."

Dalam khotbah-Nya yang paling terkenal, Khotbah di Bukit,
Ia menjelaskan tentang pilihan-pilihan yang membantu kita untuk sembuh dari luka, kegagalan dan kebiasaan yang mengacaukan hidup kita.
Kebahagiaan pertama, dalam Matius 5:3 dikatakan,
Matius 5:3
Ucapan bahagia
(3) "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

Apa artinya menjadi "miskin di hadapan Allah"?
Yesus berbicara bahwa tidak ada yang masuk ke Surga dengan kesombongan. Kita sampai di sana atas kasih karunia-Nya semata.
Untuk menjadi miskin di hadapan Allah, Anda harus dengan rendah hati mengakui jika Anda butuh bantuan-Nya.

Yesus berkata, "Kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Oleh sebab itu, Anda harus menghadapi kebenaran tentang diri Anda sendiri dan berhenti hidup dalam penyangkalan. Kita menyebutnya realitas pilihan.

Tapi kenyataannya, kita tidak suka kebenaran itu.
Kita suka kebenaran tentang orang lain, tapi kita tidak suka kebenaran tentang diri kita sendiri.
Rasanya jauh lebih aman untuk menghindari kebenaran tentang diri Anda karena menyakitkan untuk menghadapinya.
Kebenaran akan hal memberi persepuluhan akan memerdekakan Anda,
meski awalnya Anda akan menderita saat Anda sadar jika ada banyak hal yang juga harus Anda ubah dalam hidup Anda.

Kabar baiknya ialah luka, kegagaglan dan kebiasaan buruk Anda dapat disembuhkan.
Tapi berita buruknya ialah dibutuhkan kerendahan hati. Anda harus merendahkan hati Anda dan membuang jauh-jauh harga diri Anda.
Dalam Yakobus 4:6b dikatakan,
Yakobus 4:6b
(6b) "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."

Ada beberapa kebenaran yang harus Anda akui di hadapan Tuhan jika Anda mau Dia memberkati hidup Anda. Dan hal pertama yang harus Anda akui adalah: Anda rusak.

Kita hidup di dunia yang rusak dimana tidak ada yang bekerja dengan sempurna. Perekonomian tidak bekerja dengan sempurna, hubungan kita dengan orang lain tidak bekerja dengan sempurna, dan tubuh kita tidak bekerja dengan sempurna.

Saat ini, semua orang memiliki pikiran yang kusut. Mereka tak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan. Sikap, ketertarikan, dan kecanduan kita saling tercampuraduk. Bahkan kita bingung dengan jati diri kita.

Yang harus Anda lakukan adalah menjadi diri Anda sendiri.
Tapi pertama-tama Anda harus paham jika Anda adalah manusia yang telah rusak! Dan itu bukan masalah, sebab setelah Anda membuat pilihan untuk mengakuinya, Anda akan berada di jalan menuju kerendahan hati, yang mengarahkan Anda kepada kasih karunia-Nya.

Dan kasih karunia Allah akan menutupi kehancuran, luka, kebiasaan, dan kegagalan Anda. Itu kabar baik!

Renungkan hal ini:
Cara apa yang Anda pakai untuk menutupi kehancuran Anda di sekitar orang lain dan bahkan di hadapan Tuhan?

Mengapa Anda pikir ada kemerdekaan setelah mengakui kesalahan, rasa sakit, dan kegagalan kepada Tuhan?

Menurut Anda, bagaimana Tuhan dapat menggunakan kehancuran untuk memperluas Kerajaan-Nya? Bagaimana Anda ingin dipakai oleh-Nya?

Anda harus merendahkan hati Anda dan membuang jauh-jauh harga diri Anda (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren).

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-hakim 9-10; Lukas 5:17-39

Hakim-hakim 9-10
Hakim-Hakim 9:1-57
1. Hakim-Hakim 9:1-49
Abimelekh menjadi raja di Sikhem
2. Hakim-Hakim 9:50-57
Abimelekh mati ditimpa batu

Hakim-Hakim 10:1-18
1. Hakim-Hakim 10:1-2
Tola
2. Hakim-Hakim 10:3-5
Yair
3. Hakim-Hakim 10:6-18
Israel ditindas oleh bani Amon

Lukas 5:17-39
1. Lukas 5:17-26
Orang lumpuh disembuhkan
2. Lukas 5:27-32
Lewi pemungut cukai mengikut Yesus
3. Lukas 5:33-39
Hal berpuasa

--------------------------:

Lagu2 Puji Pujian
---------------------

No. 52. KU TAHU TUHAN PASTI BUKA JALAN

‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
--------------------------
Kutahu Tuhan Pasti Buka Jalan. By .Samuel AFI

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/7SOvY91eBrs

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 53. Ku Tak Dapat Jalan Sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarMu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Melewati lembah duka semu
jalanku gelap dan ngeri
Tuhanku perlu pertolonganmu
sbab ku tak dapat jalan sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku,
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tau ku tak dapat jalan sendiri

Tiada orang yang menolong daku
ku sangat lemah dan letih
Jalanlah Tuhan dekat padaku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri
--------------------------------
Ku Tak Dapat Jalan Sendiri - Nikita.wmv

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/oKhD3Ql-o8Q

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 54. TIAP LANGKAHKU

TIAP LANGKAHKU DIATUR OLEH TUHAN
DAN TANGAN KASIH-NYA MEMIMPINKU
DI TENGAH BADAI DUNIA MENAKUTKAN
HATIKU TETAP TENANG TEDUH
TIAP LANGKAHKU ‘KU TAHU YANG TUHAN PIMPIN
KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTAR-NYA
HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA
DI RUMAH BAPA SURGA YANG BAKA
DI WAKTU IMANKU MULAI GOYAH
DAN BILA JALANKU HAMPIR SESAT
‘KU PANDANG TUHANKU PENEBUS DOSA
‘KU TEGUH SEBAB DIA DEKAT
DI DALAM TUHAN SAJA HARAPANKU
SEBAB DI TANGAN-NYA SEJAHTERA
DIBUKA-NYA YERUSALEM YANG BARU
KOTA ALLAH SUCI MULIA
------------------------------
Tiap Langkahku

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/8yAqKgXAKRg

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

Doa:
Puji Tuhan ,Trima Kasih Tuhan atas kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini.
Tuhan,berilah aku telinga yang siap mendengar setiap hikmat Tuhan yang menuntunku untuk melangkah dengan benar.
Tuhan kami serahkan sepanjang malam kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Terpujilah Tuhan ,didalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita ,semua ini kami mohonkan . Puji Tuhan , Haleluyah, Amin.

** have a nice day *
°˚˚° Happy Monday. °˚˚°
° May God Bless you °
° Today and Always °
°˚˚°
Sumber: [Muktiana Gumelar]
www.muktianapgumelar.net

Copyright :
www.renunganharian.net
Copyright - SABDA.org -
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh

NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w

Senin, 30 Maret 2015