10. Apr, 2015

(33)Catatan Anna Poesanto Gumelar Sunday, 29 March 2015

(33)Catatan Anna Poesanto Gumelar Sunday, 29 March 2015

(33)Catatan Anna Poesanto Gumelar
Sunday, 29 March 2015

From. : Renungan Harian. - RH.(66.1)
Minggu, 29 Maret 2015

Bacaan : 1 Petrus 2:11-17
Setahun : Hakim-Hakim 18-19
Nats : Milikilah cara hidup yang baik... supaya... mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah. (1 Petrus 2:12)

MENARIK PERHATIAN
Dua kali usai tim sepakbola Jepang bermain dalam Piala Dunia 2014, para suporternya mendemonstrasikan sesuatu yang menarik: bersih-bersih stadion. Bahkan ketika timnya kalah. Ketika datang, mereka membawa plastik biru yang ditiup sampai menggelembung seperti balon untuk mendukung perjuangan Keisuke Honda dan kawan-kawan. Sebelum pulang, mereka memakai plastik itu untuk memungut botol plastik, wadah makanan, kertas, dan sebagainya di tribun stadion selama 30 menit. Ketika beberapa suporter diwawancarai, mereka mengaku sudah biasa melakukannya. Tradisi ini menarik perhatian begitu banyak media yang meliput aksi mereka. Dan, banyak orang memuji mereka. Ya, sebuah aksi baik menarik reaksi baik pula.

Rasul Petrus menuliskan bahwa hidup anak Tuhan juga harus "menarik perhatian". Caranya? Dengan tidak mengikuti cara atau gaya hidup warga dunia ini. Petrus meminta mereka bermental sebagai pendatang atau perantau (ay. 11) sebab anak-anak Tuhan hanyalah "tamu sementara" di dunia ini. Sejatinya, mereka adalah warga Kerajaan Surga. Hidup mereka harus berbeda--mereka harus memiliki cara hidup yang baik (ay. 12). Hidup dalam ketaatan pada otoritas dan memberkati lingkungan (ay. 13-14, 17). Bila dunia sudah tertarik, dunia akan rindu mengenal Tuhan yang berkuasa mengubahkan hidup mereka.

Sebagaimana aksi para suporter Jepang menarik perhatian orang, mari kita tunjukkan karakter Kristus yang bertumbuh dalam diri kita. Biarkan dunia melihat dan bertanya tentang-Nya. --Agustina Wijayani /Renungan Harian

KETIKA KRISTUS MENGUBAHKAN HIDUP KITA,
KARAKTER KITA AKAN MENJADI MAGNET YANG MENARIK DUNIA.

--------------------------:
Judul. : MENARIK PERHATIAN
Bacaan Hari ini. : 1 Petrus 2:11-17
Peringatan untuk hidup sebagai hamba Allah
(11) Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. (12) Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka. (13) Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, (14) maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. (15) Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh. (16) Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. (17) Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!
----------------------
Ayat Nats. : 1 Petrus 2:12
(12) Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

Dua kali usai tim sepakbola Jepang bermain dalam Piala Dunia 2014, para suporternya mendemonstrasikan sesuatu yang menarik: bersih-bersih stadion. Bahkan ketika timnya kalah. Ketika datang, mereka membawa plastik biru yang ditiup sampai menggelembung seperti balon untuk mendukung perjuangan Keisuke Honda dan kawan-kawan. Sebelum pulang, mereka memakai plastik itu untuk memungut botol plastik, wadah makanan, kertas, dan sebagainya di tribun stadion selama 30 menit. Ketika beberapa suporter diwawancarai, mereka mengaku sudah biasa melakukannya.
Tradisi ini menarik perhatian begitu banyak media yang meliput aksi mereka. Dan, banyak orang memuji mereka. Ya, sebuah aksi baik menarik reaksi baik pula.

Rasul Petrus menuliskan bahwa hidup anak Tuhan juga harus "menarik perhatian". Caranya? Dengan tidak mengikuti cara atau gaya hidup warga dunia ini. Petrus meminta mereka bermental sebagai pendatang atau perantau (ay. 11)
1 Petrus 2:11
(11) Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.

sebab anak-anak Tuhan hanyalah "tamu sementara" di dunia ini. Sejatinya, mereka adalah warga Kerajaan Surga. Hidup mereka harus berbeda--mereka harus memiliki cara hidup yang baik (ay. 12).
1 Petrus 2:12
(12) Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

Hidup dalam ketaatan pada otoritas dan memberkati lingkungan (ay. 13-14, 17).
1 Petrus 2:13-14,17
(13) Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, (14) maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik.
(17) Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!

Bila dunia sudah tertarik, dunia akan rindu mengenal Tuhan yang berkuasa mengubahkan hidup mereka.

Sebagaimana aksi para suporter Jepang menarik perhatian orang, mari kita tunjukkan karakter Kristus yang bertumbuh dalam diri kita. Biarkan dunia melihat dan bertanya tentang-Nya. --Agustina Wijayani /Renungan Harian

KETIKA KRISTUS MENGUBAHKAN HIDUP KITA,
KARAKTER KITA AKAN MENJADI MAGNET YANG MENARIK DUNIA.
--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-Hakim 18-19

Hakim-Hakim 18:1-31
1. Hakim-Hakim 18:1-31
Patung sembahan Mikha dirampas oleh bani Dan

Hakim-Hakim 19:1-30
1. Hakim-Hakim 19:1-30
Perbuatan noda di Gibea

--------------------------:

From : CPG (Christian Pocket Guide). - CPG. (66.1)
Minggu, 29 Maret 2015

Jadilah Penggemar Terbesar Pasangan Anda
29 Maret 2015

Bacaan Hari ini :
Ibrani 3:13a Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa.

Jika Anda sudah menikah, Tuhan telah memberikan satu peran yang sangat penting: untuk menjadi penggemar terbesar pasangan Anda. Ini tugas yang bisa Anda lakukan hanya dengan cara yang sesuai dengan kehendak Tuhan, dan pasangan Anda sangat butuh Anda melakukannya.

Kita hidup di dunia yang penuh dengan para pengkritik. Tidak perlu jauh- jauh menemukan orang-orang yang akan membuat Anda down, mereka ada di sekeliling Anda.

Itu sebabnya setiap orang di planet ini sangat butuh dikuatkan oleh seseorang setiap harinya. Ini cara Tuhan menghubungkan kita. Jika Anda sudah menikah, satu orang tersebut haruslah pasangan Anda. Untuk memiliki pernikahan yang terus bertumbuh, sangat penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk senantiasa meneguhkan satu sama lain.

Namun yang kerap terjadi, hal ini hanya menjadi bagian di awal-awal pernikahan saja. Hanya sedikit orang yang mau menikah dengan orang yang tidak meneguhkan mereka dalam beberapa hal. Tapi seperti di banyak bagian dalam sebuah pernikahan yang sedang bertumbuh, penguatan ini seringkali memudar seiring berjalannya waktu.

Alkitab mengatakan dalam Ibrani 3:13, Melainkan bernasehat-nasehatlah sama sendirimu tiap-tiap hari... Peneguhan apa yang Anda berikan pada pasangan Anda?

1.Teguhkan betapa berharganya pasangan Anda. Jika menyangkut rumah tangga, kata "menghargai" berarti meningkatkan nilai. Anda meningkatkan nilai orang lain ketika Anda menghargai mereka. Ketika Anda menghargai pasangan Anda, Anda membantu pasangan Anda melihat nilai yang Anda tempatkan pada dirinya, dan Anda meningkatkan nilai pernikahan Anda. Amsal 12:25 mengatakan, Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia. Satu kata penyemangat akan bekerja luar biasa dalam pernikahan Anda - atau dalam relasi apa pun dimana Anda terlibat di dalamnya.

2. Teguhkan kekuatan pasangan Anda. Anda akan mendorong keluar kualitas terbaik dari pasangan Anda ketika Anda menunjukkan yang terbaik darinya, bukan kekurangannya. Pilih untuk menjadi seorang pembangun mimpi, bukan perusak mimpi. Pada akhirnya kita menjadi apa yang dilihat orang lain dalam kita. Tidak ada orang lain dalam kehidupan pasangan Anda yang akan memberi dampak begitu besar pada identitas diri juga masa depannya, selain Anda.

3. Teguhkan pelayanan pasangan Anda. Biarkan pasangan Anda tahu betapa Anda menghargai apa yang dia lakukan untuk Tuhan di dunia. Anda masing-masing dapat memberi kontribusi yang unik untuk dunia. Hibur pasangan Anda ketika ia membuat kontribusi. Bantu pasangan Anda melihat dampak yang ia buat untuk Yesus. Kita memiliki kekuatan luar biasa dalam memahami pasangan kita ketimbang dirinya sendiri. Kita dapat menggunakan kekuatan ini untuk membangun mereka, atau menjatuhkan mereka. Pilihan ada di tangan kita.

Pilihan yang kita buat amatlah penting untuk kesehatan pernikahan kita

Renungkan hal ini :

Apa yang pasangan Anda teguhkan di dalam Anda yang mempengaruhi hidup Anda dengan luar biasa?

Apa yang menghambat kita dalam meneguhkan pasangan kita secara lebih konsisten?

Bagaimana dengan pasangan Anda, bisakah Anda meneguhkannya lebih sering?
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 7-8; Lukas 5:1-16
____________________________________
Anda masing-masing dapat memberi kontribusi yang unik untuk dunia ini (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren).

--------------------------:
Judul. : Jadilah Penggemar Terbesar Pasangan Anda
Bacaan Hari ini. : Ibrani 3:13a
Binasa karena murtad
(13) Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa.

Jika Anda sudah menikah, Tuhan telah memberikan satu peran yang sangat penting: untuk menjadi penggemar terbesar pasangan Anda.
Ini tugas yang bisa Anda lakukan hanya dengan cara yang sesuai dengan kehendak Tuhan, dan pasangan Anda sangat butuh Anda melakukannya.

Kita hidup di dunia yang penuh dengan para pengkritik.
Tidak perlu jauh- jauh menemukan orang-orang yang akan membuat Anda down, mereka ada di sekeliling Anda.

Itu sebabnya setiap orang di planet ini sangat butuh dikuatkan oleh seseorang setiap harinya. Ini cara Tuhan menghubungkan kita.
Jika Anda sudah menikah, satu orang tersebut haruslah pasangan Anda.
Untuk memiliki pernikahan yang terus bertumbuh, sangat penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk senantiasa meneguhkan satu sama lain.

Namun yang kerap terjadi, hal ini hanya menjadi bagian di awal-awal pernikahan saja.
Hanya sedikit orang yang mau menikah dengan orang yang tidak meneguhkan mereka dalam beberapa hal.
Tapi seperti di banyak bagian dalam sebuah pernikahan yang sedang bertumbuh, penguatan ini seringkali memudar seiring berjalannya waktu.

Alkitab mengatakan dalam Ibrani 3:13, Melainkan bernasehat-nasehatlah sama sendirimu tiap-tiap hari...
Ibrani 3:13
(13) Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa.

Peneguhan apa yang Anda berikan pada pasangan Anda?
1.Teguhkan betapa berharganya pasangan Anda. Jika menyangkut rumah tangga, kata "menghargai" berarti meningkatkan nilai. Anda meningkatkan nilai orang lain ketika Anda menghargai mereka. Ketika Anda menghargai pasangan Anda, Anda membantu pasangan Anda melihat nilai yang Anda tempatkan pada dirinya, dan Anda meningkatkan nilai pernikahan Anda. Amsal 12:25 mengatakan,
Amsal 12:25
(25) Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.
Satu kata penyemangat akan bekerja luar biasa dalam pernikahan Anda - atau dalam relasi apa pun dimana Anda terlibat di dalamnya.

2. Teguhkan kekuatan pasangan Anda. Anda akan mendorong keluar kualitas terbaik dari pasangan Anda ketika Anda menunjukkan yang terbaik darinya, bukan kekurangannya. Pilih untuk menjadi seorang pembangun mimpi, bukan perusak mimpi. Pada akhirnya kita menjadi apa yang dilihat orang lain dalam kita. Tidak ada orang lain dalam kehidupan pasangan Anda yang akan memberi dampak begitu besar pada identitas diri juga masa depannya, selain Anda.

3. Teguhkan pelayanan pasangan Anda. Biarkan pasangan Anda tahu betapa Anda menghargai apa yang dia lakukan untuk Tuhan di dunia. Anda masing-masing dapat memberi kontribusi yang unik untuk dunia. Hibur pasangan Anda ketika ia membuat kontribusi. Bantu pasangan Anda melihat dampak yang ia buat untuk Yesus. Kita memiliki kekuatan luar biasa dalam memahami pasangan kita ketimbang dirinya sendiri. Kita dapat menggunakan kekuatan ini untuk membangun mereka, atau menjatuhkan mereka. Pilihan ada di tangan kita.

Pilihan yang kita buat amatlah penting untuk kesehatan pernikahan kita

Renungkan hal ini :
Apa yang pasangan Anda teguhkan di dalam Anda yang mempengaruhi hidup Anda dengan luar biasa?

Apa yang menghambat kita dalam meneguhkan pasangan kita secara lebih konsisten?

Bagaimana dengan pasangan Anda, bisakah Anda meneguhkannya lebih sering?

Anda masing-masing dapat memberi kontribusi yang unik untuk dunia ini (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren).

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-hakim 7-8; Lukas 5:1-16

Hakim-Hakim 7:1-25
1. Hakim-Hakim 7:1-25
Gideon mengusir musuh

Hakim-Hakim 8:1-35 (from Hakim-Hakim 7:1-25)
1. Hakim-Hakim 8:1-3
Gideon mengusir musuh
2. Hakim-Hakim 8:4-21
Orang Midian dikalahkan, raja-rajanya dibunuh
3. Hakim-Hakim 8:22-35
Perbuatan Gideon selanjutnya dan akhir hidupnya

Lukas 5:1-16
1. Lukas 5:1-11
Penjala ikan menjadi penjala manusia
2. Lukas 5:12-16
Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta

--------------------------:

Lagu2 Puji Pujian
---------------------

No. 52. KU TAHU TUHAN PASTI BUKA JALAN

‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
--------------------------
Kutahu Tuhan Pasti Buka Jalan. By .Samuel AFI

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/7SOvY91eBrs

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 53. Ku Tak Dapat Jalan Sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarMu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Melewati lembah duka semu
jalanku gelap dan ngeri
Tuhanku perlu pertolonganmu
sbab ku tak dapat jalan sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku,
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tau ku tak dapat jalan sendiri

Tiada orang yang menolong daku
ku sangat lemah dan letih
Jalanlah Tuhan dekat padaku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri
--------------------------------
Ku Tak Dapat Jalan Sendiri - Nikita.wmv

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/oKhD3Ql-o8Q

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 54. TIAP LANGKAHKU

TIAP LANGKAHKU DIATUR OLEH TUHAN
DAN TANGAN KASIH-NYA MEMIMPINKU
DI TENGAH BADAI DUNIA MENAKUTKAN
HATIKU TETAP TENANG TEDUH
TIAP LANGKAHKU ‘KU TAHU YANG TUHAN PIMPIN
KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTAR-NYA
HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA
DI RUMAH BAPA SURGA YANG BAKA
DI WAKTU IMANKU MULAI GOYAH
DAN BILA JALANKU HAMPIR SESAT
‘KU PANDANG TUHANKU PENEBUS DOSA
‘KU TEGUH SEBAB DIA DEKAT
DI DALAM TUHAN SAJA HARAPANKU
SEBAB DI TANGAN-NYA SEJAHTERA
DIBUKA-NYA YERUSALEM YANG BARU
KOTA ALLAH SUCI MULIA
------------------------------
Tiap Langkahku

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/8yAqKgXAKRg

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

Doa:
Puji Tuhan ,Trima Kasih Tuhan atas kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini.
Tuhan,berilah aku telinga yang siap mendengar setiap hikmat Tuhan yang menuntunku untuk melangkah dengan benar.
Tuhan kami serahkan sepanjang malam kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Terpujilah Tuhan ,didalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita ,semua ini kami mohonkan . Puji Tuhan , Haleluyah, Amin.

** have a nice day *
°˚˚° Happy Sunday. °˚˚°
° May God Bless you °
° Today and Always °
°˚˚°
Sumber: [Muktiana Gumelar]
www.muktianapgumelar.net

Copyright :
www.renunganharian.net
Copyright - SABDA.org -
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh

NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w

Minggu, 29 Maret 2015