10. Apr, 2015

(31)Catatan Anna Poesanto Gumelar Friday, 27 March 2015

(31)Catatan Anna Poesanto Gumelar Friday, 27 March 2015

(31)Catatan Anna Poesanto Gumelar
Friday, 27 March 2015

From. : Renungan Harian. - RH.(65.2)
Jumat, 27 Maret 2015

Bacaan : Wahyu 3:14-22
Setahun : Hakim-Hakim 12-14
Nats : ...dan karena engkau tidak tahu bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang. (Wahyu 3:17)

FILM DETEKTIF
Sebagai penggemar serial film detektif, saya mencermati perbedaan mencolok antara film-film sejenis pada masa lampau dengan yang ditayangkan saat ini. Salah satunya, pada cara tampil si pemeran utama. Dulu, tokoh utama lebih banyak tampil sendirian. Menjadi jagoan sendirian. Sekarang, yang menonjol adalah kerjasama tim. Keberhasilan menggulung sindikat penjahat adalah hasil kerja bersama. Setiap individu bahu membahu saling membutuhkan dan menolong.

Kaya. Bergengsi. Penghasil mantel wol. Produsen salep mata mujarab. Itulah kota Laodikia pada masa itu. Satu yang tak dimilikinya: air. Untuk kebutuhan air, harus dipasok (membeli) dari luar. Sayangnya, mentalitas penduduk Laodikia terlanjur sombong. Merasa kaya dan bisa mencukupkan diri sendiri. Merasa tidak butuh bantuan dari luar. Jemaat Kristen di kota itu pun terjangkit keangkuhan serupa. Merasa sanggup mandiri dan tidak butuh siapa pun. Hanya memandang kehebatan, tetapi luput melihat kekurangan. Itu sebabnya mereka menerima teguran keras dari Tuhan (ay. 17-19).

Kehidupan masa kini menuntut orang saling bekerja sama dan berjejaring. Anggota keluarga harus kompak saling topang. Dalam hal bekerja, kerja sama tim harus diutamakan. Dalam pelayanan, semua harus saling bergandengan tangan untuk kemuliaan-Nya. Tuhan menghendaki jangan ada seorang pun beranggapan dirinya mampu tanpa dukungan siapa-siapa. Sebab, yang seperti itu tidak ada! --Pipi A /Renungan Harian

MENOLONG ORANG LAIN YANG BERMASALAH DAPAT MEMPERKUAT IMAN
DAN BISA JADI IKUT MENGATASI MASALAH YANG KITA HADAPI.

--------------------------:
Judul. : FILM DETEKTIF
Bacaan Alkitab : Wahyu 3:14-22
Kepada jemaat di Laodikia
(14) "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: (15) Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! (16) Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. (17) Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, (18) maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. (19) Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! (20) Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. (21) Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya. (22) Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."
----------------------
Ayat Nats. : Wahyu 3:17
(17) Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

Kaya. Bergengsi. Penghasil mantel wol. Produsen salep mata mujarab.
Itulah kota Laodikia pada masa itu.
Satu yang tak dimilikinya: air.
Untuk kebutuhan air, harus dipasok (membeli) dari luar.
Sayangnya, mentalitas penduduk Laodikia terlanjur sombong. Merasa kaya dan bisa mencukupkan diri sendiri.
Merasa tidak butuh bantuan dari luar. Jemaat Kristen di kota itu pun terjangkit keangkuhan serupa.
Merasa sanggup mandiri dan tidak butuh siapa pun. Hanya memandang kehebatan, tetapi luput melihat kekurangan. Itu sebabnya mereka menerima teguran keras dari Tuhan (ay. 17-19).
Wahyu 3:17-19
(17) Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, (18) maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. (19) Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!

Kehidupan masa kini menuntut orang saling bekerja sama dan berjejaring.
Anggota keluarga harus kompak saling topang. Dalam hal bekerja, kerja sama tim harus diutamakan. Dalam pelayanan, semua harus saling bergandengan tangan untuk kemuliaan-Nya.
Tuhan menghendaki jangan ada seorang pun beranggapan dirinya mampu tanpa dukungan siapa-siapa. Sebab, yang seperti itu tidak ada! --Pipi A /Renungan Harian

Kesombongan menganggap diri sendiri bisa tanpa bantuan.
Kerendahan hati meraih sukses melalui kerja sama.

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-Hakim 12-14

Hakim-Hakim 12-14
Hakim-Hakim 12:1-15
1. Hakim-Hakim 12:1-7
Yefta dan Efraim
2. Hakim-Hakim 12:8-10
Ebzan
3. Hakim-Hakim 12:11-12
Elon
4. Hakim-Hakim 12:13-15
Abdon

Hakim-Hakim 13:1-25
1. Hakim-Hakim 13:1-25
Lahirnya Simson

Hakim-Hakim 14:1-20
1. Hakim-Hakim 14:1-20
Perkawinan Simson dan teka-tekinya

--------------------------:

From : CPG (Christian Pocket Guide). - CPG. (65.2)
Jumat, 27 Maret 2015

Allah Berfirman Anda Telah Diampuni
27 Maret 2015

Bacaan Hari ini :
Yesaya 43:25 Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

Beberapa dari kita, meski adalah orang percaya, berpikir bahwa setiap kali kita Doa Israel diampunimengalami masalah, Allah sedang membalas dendam, bahwa Dia sedang berusaha memberi kita pelajaran.

Ini sama seperti kisah seorang pria yang sedang mengemudi ke sebuah danau yang berada di atas gunung. Dalam perjalanannya yang mendaki, salju mulai turun sehingga ia harus keluar untuk memasang rantai di ban mobilnya. Saat dia melakukannya, mobil lain datang ke arahnya, membanting setir lalu menghantam mobilnya, dengan ngeri ia menyaksikan mobilnya terjun bebas ke bawah tebing.

Kemudian, ia lanjut mendaki gunung dengan berjalan kaki di tengah salju dan hujan es, tubuhnya beku karena kedinginan. Ketika ia sudah sangat dekat, ia melihat bahwa kabinnya telah terbakar habis. Dia berteriak, "Mengapa saya, Tuhan?" Tiba-tiba langit terbelah, dan satu Suara dahsyat terdengar, "Karena beberapa orang benar-benar membuat-Ku marah.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir begitulah cara Tuhan memarahi kita. Anda menganggap bahwa setiap kali Anda punya masalah, itu berarti Dia sedang marah pada Anda. Namun Alkitab berkata, Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu (Yesaya 43:25).

Allah tidak menyimpan dendam. Jika Anda telah menerima Yesus sebagai Juruselamat Anda, maka tidak ada kutukan bagi mereka yang ada di dalam Kristus. Dia tidak membebani Anda; Dia mengangkatnya. Allah tidak mengingat-ingat dosa Anda. Dia menghapuskannya!

Renungkan hal ini :

Menurut Anda apa penyebab masalah Anda sehingga Anda menyalahkan Tuhan?

Menurut Anda mengapa hal-hal buruk terjadi pada orang baik?

Apa sifat-sifat Allah yang bisa Anda lihat dalam hidup Anda?
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 1-3; Lukas 4:1-30
____________________________________
Anda telah diampuni dan ini adalah berita sukacita yang harus Anda sebarkan kepada orang lain "Di dalam Yesus Anda telah diampuni" (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

--------------------------:
Judul. : Allah Berfirman Anda Telah Diampuni
Bacaan Hari ini. : Yesaya 43:25
Doa Israel diampuni
(25) Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

Beberapa dari kita, meski adalah orang percaya,
berpikir bahwa setiap kali kita Doa Israel diampunimengalami masalah,
Allah sedang membalas dendam,
bahwa Dia sedang berusaha memberi kita pelajaran.

Ini sama seperti kisah seorang pria yang sedang mengemudi ke sebuah danau yang berada di atas gunung.
Dalam perjalanannya yang mendaki, salju mulai turun sehingga ia harus keluar untuk memasang rantai di ban mobilnya.
Saat dia melakukannya, mobil lain datang ke arahnya, membanting setir lalu menghantam mobilnya,
dengan ngeri ia menyaksikan mobilnya terjun bebas ke bawah tebing.

Kemudian, ia lanjut mendaki gunung dengan berjalan kaki di tengah salju dan hujan es, tubuhnya beku karena kedinginan.
Ketika ia sudah sangat dekat, ia melihat bahwa kabinnya telah terbakar habis.
Dia berteriak, "Mengapa saya, Tuhan?"
Tiba-tiba langit terbelah, dan satu Suara dahsyat terdengar,
"Karena beberapa orang benar-benar membuat-Ku marah.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir begitulah cara Tuhan memarahi kita.
Anda menganggap bahwa setiap kali Anda punya masalah, itu berarti Dia sedang marah pada Anda.
Namun Alkitab berkata, (Yesaya 43:25).
Yesaya 43:25
(25) Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

Allah tidak menyimpan dendam. Jika Anda telah menerima Yesus sebagai Juruselamat Anda, maka tidak ada kutukan bagi mereka yang ada di dalam Kristus. Dia tidak membebani Anda; Dia mengangkatnya. Allah tidak mengingat-ingat dosa Anda. Dia menghapuskannya!

Renungkan hal ini :
Menurut Anda apa penyebab masalah Anda sehingga Anda menyalahkan Tuhan?
Menurut Anda mengapa hal-hal buruk terjadi pada orang baik?
Apa sifat-sifat Allah yang bisa Anda lihat dalam hidup Anda?

Anda telah diampuni dan ini adalah berita sukacita yang harus Anda sebarkan kepada orang lain "Di dalam Yesus Anda telah diampuni" (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-hakim 1-3; Lukas 4:1-30

Hakim-hakim 1-3
Hakim-Hakim 1:1-36
1. Hakim-Hakim 1:1-36
Keadaan orang Israel setelah Yosua mati

Hakim-Hakim 2:1-23
1. Hakim-Hakim 2:1-5
Malaikat TUHAN di Bokhim
2. Hakim-Hakim 2:6-23
Orang Israel menyembah berhala pada zaman hakim-hakim

Hakim-Hakim 3:1-31
1. Hakim-Hakim 3:1-6
Bangsa-bangsa asli yang dibiarkan tinggal di Kanaan
2. Hakim-Hakim 3:7-11
Otniel
3. Hakim-Hakim 3:12-30
Ehud
4. Hakim-Hakim 3:31
Samgar

Lukas 4:1-30
1. Lukas 4:1-13
Pencobaan di padang gurun
2. Lukas 4:14-15
Yesus kembali ke Galilea
3. Lukas 4:16-30
Yesus ditolak di Nazaret
--------------------------:

Lagu2 Puji Pujian
---------------------

No. 52. KU TAHU TUHAN PASTI BUKA JALAN

‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
--------------------------
Kutahu Tuhan Pasti Buka Jalan. By .Samuel AFI

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/7SOvY91eBrs

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 53. Ku Tak Dapat Jalan Sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarMu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Melewati lembah duka semu
jalanku gelap dan ngeri
Tuhanku perlu pertolonganmu
sbab ku tak dapat jalan sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku,
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tau ku tak dapat jalan sendiri

Tiada orang yang menolong daku
ku sangat lemah dan letih
Jalanlah Tuhan dekat padaku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri
--------------------------------
Ku Tak Dapat Jalan Sendiri - Nikita.wmv

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/oKhD3Ql-o8Q

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 54. TIAP LANGKAHKU

TIAP LANGKAHKU DIATUR OLEH TUHAN
DAN TANGAN KASIH-NYA MEMIMPINKU
DI TENGAH BADAI DUNIA MENAKUTKAN
HATIKU TETAP TENANG TEDUH
TIAP LANGKAHKU ‘KU TAHU YANG TUHAN PIMPIN
KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTAR-NYA
HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA
DI RUMAH BAPA SURGA YANG BAKA
DI WAKTU IMANKU MULAI GOYAH
DAN BILA JALANKU HAMPIR SESAT
‘KU PANDANG TUHANKU PENEBUS DOSA
‘KU TEGUH SEBAB DIA DEKAT
DI DALAM TUHAN SAJA HARAPANKU
SEBAB DI TANGAN-NYA SEJAHTERA
DIBUKA-NYA YERUSALEM YANG BARU
KOTA ALLAH SUCI MULIA
------------------------------
Tiap Langkahku

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/8yAqKgXAKRg

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

Doa:
Puji Tuhan ,Trima Kasih Tuhan atas kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini.
Tuhan,berilah aku telinga yang siap mendengar setiap hikmat Tuhan yang menuntunku untuk melangkah dengan benar.
Tuhan kami serahkan sepanjang malam kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Terpujilah Tuhan ,didalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita ,semua ini kami mohonkan . Puji Tuhan , Haleluyah, Amin.

** have a nice day *
°˚˚° Happy Friday. °˚˚°
° May God Bless you °
° Today and Always °
°˚˚°
Sumber: [Muktiana Gumelar]
www.muktianapgumelar.net

Copyright :
www.renunganharian.net
Copyright - SABDA.org -
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh

NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w

Jumat, 27 Maret 2015