10. Apr, 2015

(30)Catatan Anna Poesanto Gumelar Thursday, 26 March 2015

(30)Catatan Anna Poesanto Gumelar Thursday, 26 March 2015

(30)Catatan Anna Poesanto Gumelar
Thursday, 26 March 2015

From. : Renungan Harian. - RH.(65.1)
Kamis, 26 Maret 2015

Bacaan : 1 Samuel 22:1-5
Setahun : Hakim-Hakim 10-11
Nats : Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati. (1 Samuel 22:2)

PESAN DARI ADULAM
Sebuah suara dari balik telepon terdengar, "Tolong jangan ganggu saya dalam minggu ini. Saya sibuk sekali, lagi pula ada persoalan keluarga yang harus segera selesai." Kemudian pembicaraan berhenti. Linda hanya bisa menelan ludah getir. Saat itu ia sedang butuh teman untuk mendengar curahan persoalannya. Namun, sahabat sekaligus pembimbing rohaninya itu sedang tidak bisa melayaninya.

Saat di gua Adulam, Daud berkumpul dengan orang-orang yang dalam kesukaran, yaitu mereka yang hidup terjepit, menderita, dalam keadaan susah dan sedih. Ada pula yang dikejar penagih hutang, yaitu mereka yang tertipu oleh lintah darat sampai tidakmampu melunasi utang. Tak ketinggalan mereka yang sakit hati. Istilah ini mengandung arti orang yang napas atau vitalitas hidupnya penuh dengan kemarahan, rasa tidak puas, dan pahit. Jadi orang-orang yang mendekat pada Daud itu bukan orang sakit hati biasa, melainkan mereka yang sakit hati begitu parah sampai seolah-olah napasnya penuh dengan kemarahan dan kepahitan. Jumlah mereka seluruhnya 400 orang, dengan Daud sebagai pemimpin mereka. Ya, meskipun ia sendiri sedang dalam kesukaran.

Menerima orang yang dalam kesukaran itu tidak mudah, apalagi jika kita sendiri sedang dirundung masalah. Namun, ini bukan alasan bagi kita untuk selalu menolak menolong orang lain. Ada saatnya Tuhan bermaksud merentangkan iman kita agar lebih tangguh. Dilatih menanggung beban lebih berat karena hendak dipercaya menanggung sesuatu yang besar. Bersediakah kita? --Martinus Prabowo /Renungan Harian

MENOLONG ORANG LAIN YANG BERMASALAH DAPAT MEMPERKUAT IMAN
DAN BISA JADI IKUT MENGATASI MASALAH YANG KITA HADAPI.

--------------------------:
Judul. : PESAN DARI ADULAM

Bacaan Hari ini. : 1 Samuel 22:1-5
Daud di gua Adulam
(1) Lalu Daud pergi dari sana dan melarikan diri ke gua Adulam. Ketika saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya mendengar hal itu, pergilah mereka ke sana mendapatkan dia. (2) Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang. (3) Dari sana Daud pergi ke Mizpa di Moab dan berkata kepada raja negeri Moab: "Izinkanlah ayahku dan ibuku tinggal padamu, sampai aku tahu, apa yang dilakukan Allah kepadaku." (4) Lalu diantarkannyalah mereka kepada raja negeri Moab, dan mereka tinggal bersama dia selama Daud ada di kubu gunung. (5) Tetapi Gad, nabi itu, berkata kepada Daud: "Janganlah tinggal di kubu gunung itu, pergilah dan pulanglah ke tanah Yehuda." Lalu pergilah Daud dan masuk ke hutan Keret.
Ayat Nats. : 1 Samuel 22:2
(2) Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.

Saat di gua Adulam, Daud berkumpul dengan orang-orang yang dalam kesukaran, yaitu mereka yang hidup terjepit, menderita, dalam keadaan susah dan sedih. Ada pula yang dikejar penagih hutang, yaitu mereka yang tertipu oleh lintah darat sampai tidakmampu melunasi utang.
Tak ketinggalan mereka yang sakit hati. Istilah ini mengandung arti orang yang napas atau vitalitas hidupnya penuh dengan kemarahan, rasa tidak puas, dan pahit. Jadi orang-orang yang mendekat pada Daud itu bukan orang sakit hati biasa, melainkan mereka yang sakit hati begitu parah sampai seolah-olah napasnya penuh dengan kemarahan dan kepahitan.
Jumlah mereka seluruhnya 400 orang, dengan Daud sebagai pemimpin mereka.
Ya, meskipun ia sendiri sedang dalam kesukaran.

Menerima orang yang dalam kesukaran itu tidak mudah, apalagi jika kita sendiri sedang dirundung masalah.
Namun, ini bukan alasan bagi kita untuk selalu menolak menolong orang lain.
Ada saatnya Tuhan bermaksud merentangkan iman kita agar lebih tangguh.
Dilatih menanggung beban lebih berat karena hendak dipercaya menanggung sesuatu yang besar.
Bersediakah kita? --Martinus Prabowo /Renungan Harian

MENOLONG ORANG LAIN YANG BERMASALAH DAPAT MEMPERKUAT IMAN
DAN BISA JADI IKUT MENGATASI MASALAH YANG KITA HADAPI.

--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Hakim-Hakim 10-11

Hakim-Hakim 10:1-18
1. Hakim-Hakim 10:1-2
Tola
2. Hakim-Hakim 10:3-5
Yair
3. Hakim-Hakim 10:6-18
Israel ditindas oleh bani Amon

Hakim-Hakim 11:1-40
1. Hakim-Hakim 11:1-11
Yefta dan Gilead
2. Hakim-Hakim 11:12-28
Yefta dan bani Amon
3. Hakim-Hakim 11:29-40
Nazar Yefta

--------------------------:

From : CPG (Christian Pocket Guide). - CPG. (65.1)
Kamis, 26 Maret 2015

Pilih Pengampunan; Bukan Gosip

Bacaan Hari ini :
Amsal 17:9 Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Akui saja: Jika Anda memiliki orang-orang yang sering berbuat onar dalam hidup Anda, begitu orang tersebut melakukannya lagi, Anda pasti tak dapat menahan diri untuk masuk ke dalam mobil, menyambar handphone Anda, lalu menelepon seseorang dan menceritakan, Kau tak akan percaya apa yang baru saja ia lakukan! Atau bahkan Anda mungkin langsung mengirim pesan kepada seseorang saat orang tersebut melakukannya!

Begitulah yang biasa kita lakukan saat berurusan dengan orang-orang yang sering berbuat gila. Kita tak sabar ingin memberitahu orang lain. Kita ingin satu penegasan dari orang lain. Ini hal yang paling sulit dilakukan di dunia: menahan diri untuk tidak bergosip. Memang enak rasanya menelepon seseorang untuk menyebarkan berita tentang kegilaan para pembuat onar di sekeliling kita, tapi ini juga bukan perbuatan yang mengasihi.

Alkitab mengatakan agar kita saling mengampuni, bahkan terhadap musuh kita. Amsal 17:9 mengatakan, Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Gosip itu sangat merusak. Ia merusak gereja, keluarga, dan bisnis Anda. Ia juga merusak hidup Anda. Ia menghancurkan Anda. Ia menceraiberaikan persahabatan.

Hal yang paling buruk tentang gosip adalah pada akhirnya si pembuat onarlah yang menang! Tiba-tiba, orang tersebut mendominasi obrolan Anda. Orang tersebut mengontrol emosi Anda. Jangan biarkan orang itu menang! Jangan biarkan si pembuat onar menang dengan Anda memilih untuk menggosipinya.

1 Petrus 3:9 mengatakan,"Dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat..."

Renungkan hal ini:

Apa strategi Anda untuk menghindari atau melawan gosip?

Mengapa begitu sulit bagi kita untuk menjauh dari gosip?
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 22-24; Lukas 3
____________________________________
Kasihilah orang yang membuat hati Anda terluka, jangan menggosip dan menyebarkan hal-hal yang negatif tentang orang tersebut (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

--------------------------:
Judul. : Pilih Pengampunan; Bukan Gosip

Bacaan Hari ini. : Amsal 17:9
Kumpulan amsal-amsal Salomo. *)
(9) Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangki perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Jika Anda memiliki orang-orang yang sering berbuat onar dalam hidup Anda, begitu orang tersebut melakukannya lagi, Anda pasti tak dapat menahan diri untuk masuk ke dalam mobil, menyambar handphone Anda, lalu menelepon seseorang dan menceritakan,
Kau tak akan percaya apa yang baru saja ia lakukan!
Atau bahkan Anda mungkin langsung mengirim pesan kepada seseorang saat orang tersebut melakukannya!

Begitulah yang biasa kita lakukan saat berurusan dengan orang-orang yang sering berbuat gila.
Kita tak sabar ingin memberitahu orang lain. Kita ingin satu penegasan dari orang lain.
Ini hal yang paling sulit dilakukan di dunia: menahan diri untuk tidak bergosip. Memang enak rasanya menelepon seseorang untuk menyebarkan berita tentang kegilaan para pembuat onar di sekeliling kita,
tapi ini juga bukan perbuatan yang mengasihi.

Alkitab mengatakan agar kita saling mengampuni, bahkan terhadap musuh kita. Amsal 17:9 mengatakan,
(9) Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangki perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Gosip itu sangat merusak. Ia merusak gereja, keluarga, dan bisnis Anda.
Ia juga merusak hidup Anda. Ia menghancurkan Anda.
Ia menceraiberaikan persahabatan.

Hal yang paling buruk tentang gosip adalah pada akhirnya si pembuat onarlah yang menang! Tiba-tiba, orang tersebut mendominasi obrolan Anda.
Orang tersebut mengontrol emosi Anda. Jangan biarkan orang itu menang!
Jangan biarkan si pembuat onar menang dengan Anda memilih untuk menggosipinya.

1 Petrus 3:9 mengatakan,
Kasih dan damai
(9) dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:

Renungkan hal ini:
Apa strategi Anda untuk menghindari atau melawan gosip?
Mengapa begitu sulit bagi kita untuk menjauh dari gosip?
____________________________________
Kasihilah orang yang membuat hati Anda terluka, jangan menggosip dan menyebarkan hal-hal yang negatif tentang orang tersebut (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Kumpulan amsal-amsal Salomo. *)
1. Amsal 10:1-32
2. Amsal 11:1-31
3. Amsal 12:1-28
4. Amsal 13:1-25
5. Amsal 14:1-35
6. Amsal 15:1-33
7. Amsal 16:1-33
8. Amsal 17:1-28
9. Amsal 18:1-24
10. Amsal 19:1-29
11. Amsal 20:1-30
12. Amsal 21:1-31
13. Amsal 22:1-16. ......( 17. - Amsal 24:1-34 Amsal-Amsal orang bijak. )

Amsal-Amsal orang bijak
1. Amsal. 22:17-29
2. Amsal. 23:1-35
3. Amsal. 24:1-34
--------------------------:
Bacaan Alkitab Setahun. :
Yosua 22-24; Lukas 3

Yosua 22:1-34
1. Yosua 22:1-8
Suku-suku yang di seberang Yordan pulang
2. Yosua 22:9-34
Suku-suku di seberang Yordan mendirikan mezbah

Yosua 23:1-16
1. Yosua 23:1-16
Pidato perpisahan Yosua kepada para pemimpin bangsa itu

Yosua 24:1-33
1. Yosua 24:1-28
Pembaruan perjanjian di Sikhem
2. Yosua 24:29-33
Yosua dan Eleazar mati dan dikuburkan - Tulang-tulang Yusuf dikuburkan

Lukas 3
Lukas 3:1-38
1. Lukas 3:1-20
Yohanes Pembaptis
2. Lukas 3:21-22
Yesus Anak Allah Dibaptis
3. Lukas 3:23-38
Silsilah Yesus


Lukas 3:23-38
Silsilah Yesus
(23) Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,
(24) anak Matat, anak Lewi, anak Malkhi, anak Yanai, anak Yusuf,
(25) anak Matica, anak Amos, anak Nahum, anak Hesli, anak Nagai,
(26) anak Maat, anak Matica, anak Simei, anak Yosekh, anak Yoda,
(27) anak Yohanan, anak Resa, anak Zerubabel, anak Sealtiel, anak Neri,
(28) anak Malkhi, anak Adi, anak Kosam, anak Elmadam, anak Er,
(29) anak Yesua, anak Eliezer, anak Yorim, anak Matat, anak Lewi,
(30) anak Simeon, anak Yehuda, anak Yusuf, anak Yonam, anak Elyakim,
(31) anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud,
(32) anak Isai, anak Obed, anak Boas, anak Salmon, anak Nahason,
(33) anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda,
(34) anak Yakub, anak Ishak, anak Abraham, anak Terah, anak Nahor,
(35) anak Serug, anak Rehu, anak Peleg, anak Eber, anak Salmon,
(36) anak Kenan, anak Arpakhsad, anak Sem, anak Nuh, anak Lamekh,
(37) anak Metusalah, anak Henokh, anak Yared, anak Mahalaleel, anak Kenan,
(38) anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.

--------------------------:

Lagu2 Puji Pujian
---------------------

No. 52. KU TAHU TUHAN PASTI BUKA JALAN

‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan pasti buka jalan
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
asal ‘ku hidup suci
tidak turut dunia
‘ku tau Tuhan dengar doa saya
--------------------------
Kutahu Tuhan Pasti Buka Jalan. By .Samuel AFI

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/7SOvY91eBrs

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 53. Ku Tak Dapat Jalan Sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarMu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Melewati lembah duka semu
jalanku gelap dan ngeri
Tuhanku perlu pertolonganmu
sbab ku tak dapat jalan sendiri

Ku tak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku,
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tau ku tak dapat jalan sendiri

Tiada orang yang menolong daku
ku sangat lemah dan letih
Jalanlah Tuhan dekat padaku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Kutak dapat jalan sendiri
Tuhan tolonglah daku
Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri

Biarlah sinarmu menerangiku
Sbab ku tak dapat jalan sendiri
--------------------------------
Ku Tak Dapat Jalan Sendiri - Nikita.wmv

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/oKhD3Ql-o8Q

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

No. 54. TIAP LANGKAHKU

TIAP LANGKAHKU DIATUR OLEH TUHAN
DAN TANGAN KASIH-NYA MEMIMPINKU
DI TENGAH BADAI DUNIA MENAKUTKAN
HATIKU TETAP TENANG TEDUH
TIAP LANGKAHKU ‘KU TAHU YANG TUHAN PIMPIN
KE TEMPAT TINGGI ‘KU DIHANTAR-NYA
HINGGA SEKALI NANTI AKU TIBA
DI RUMAH BAPA SURGA YANG BAKA
DI WAKTU IMANKU MULAI GOYAH
DAN BILA JALANKU HAMPIR SESAT
‘KU PANDANG TUHANKU PENEBUS DOSA
‘KU TEGUH SEBAB DIA DEKAT
DI DALAM TUHAN SAJA HARAPANKU
SEBAB DI TANGAN-NYA SEJAHTERA
DIBUKA-NYA YERUSALEM YANG BARU
KOTA ALLAH SUCI MULIA
------------------------------
Tiap Langkahku

Check out this video on YouTube:
http://youtu.be/8yAqKgXAKRg

----------:
Subscribe please,for more video thank you
*******************************

Doa:
Puji Tuhan ,Trima Kasih Tuhan atas kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini.
Tuhan,berilah aku telinga yang siap mendengar setiap hikmat Tuhan yang menuntunku untuk melangkah dengan benar.
Tuhan kami serahkan sepanjang malam kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Terpujilah Tuhan ,didalam Nama Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita ,semua ini kami mohonkan . Puji Tuhan , Haleluyah, Amin.

** have a nice day *
°˚˚° Happy Thursday. °˚˚°
° May God Bless you °
° Today and Always °
°˚˚°
Sumber: [Muktiana Gumelar]
www.muktianapgumelar.net

Copyright :
www.renunganharian.net
Copyright - SABDA.org -
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh

NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w

Kamis, 26 Maret 2015