30. Okt, 2014

Catatan Anna untuk : Firman Tuhan No.193 - No.198

Catatan Anna untuk : Firman Tuhan No.193 - No.198

F.Tuhan No.193 - No.198
************************
Catatan Anna untuk : Firman Tuhan No.193 - No.198
*************************
Firman Tuhan No.193 - No.198
*************************
193. Bacaan Alkitab : 2 Timotius 4:9-18
GEMAR MEMBACA

194. Bacaan Alkitab : Ibrani 8: 1-2
Sekilas Gambaran Surga

195. Bacaan Alkitab : Filipi 1:3-11
MEMPERSIAPKAN MASA LALU

196. Bacaan Alkitab : Kisah Para Rasul 16:25
Banyak Yang Harus Dinyanyikan

197. Bacaan Alkitab : Nehemia 9:26-37
PERINGATAN YANG MENYELAMATKAN

198. Bacaan Alkitab : Pengkhotbah 4:12
Pengendalian Diri Adalah Pengendalian Dari Allah

*******************************

No. 193. Bacaan Alkitab : 2 Timotius 4:9-18
GEMAR MEMBACA

Tampilan cetak
Senin, 15 September 2014
Bacaan Alkitab : 2 Timotius 4:9-18
Pesan terakhir
(9) Berusahalah supaya segera datang kepadaku, (10) karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia. (11) Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku. (12) Tikhikus telah kukirim ke Efesus. (13) Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu. (14) Aleksander, tukang tembaga itu, telah banyak berbuat kejahatan terhadap aku. Tuhan akan membalasnya menurut perbuatannya. (15) Hendaklah engkau juga waspada terhadap dia, karena dia sangat menentang ajaran kita. (16) Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka , (17) tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa. (18) Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.
----------------------------
Setahun : Daniel 1-3
----------------------------
Nats : Jika engkau kemari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama yang terbuat dari kulit. (2 Timoti
us 4:13)
----------------------------
GEMAR MEMBACA
Taman Bacaan Cantrik (Tabatrik), yang digagas oleh Sanggar Cantrik Yayasan Sahabat Gloria, mempunyai tujuan utama yang mulia, yaitu mendekatkan anak-anak pada buku. Segala aktivitas yang berhubungan dengan buku dilayani Tabatrik, yang juga menyediakan ratusan buku yang dapat dipinjam secara gratis. Gerakan cinta buku dan membaca digagas karena mereka rindu untuk turut mencerdaskan anak bangsa.

Di penjara, Paulus terus rindu untuk membaca sebagai sarana pembelajaran. Selain jubah, Timotius diperintahkannya untuk membawa kitab-kitabnya. Dingin dan gelapnya ruang penjara tidak mematahkan semangatnya untuk terus membaca. Paulus memang tidak menulis buku atau menerbitkannya, tetapi suratnya kepada jemaat-jemaat yang dilayaninya membuktikan bahwa ia gemar membaca untuk menambah pengetahuan.

Dalam era digital sekarang, banyak bacaan bermutu yang tersebar secara gratis. Banyak buku yang dapat diunduh secara bebas dari dunia maya. Bagaimanapun, kita perlu bijak dalam memilah dan memilih bacaan yang bagus dan inspiratif. Pepatah 'Buku adalah jendela dunia', sangat tepat untuk menggambarkan fungsi utama buku. Dan, fungsi itu baru kita rasakan ketika kita membacanya, baik dalam format buku cetak maupun ebook. Meneladani semangat Tabatrik dan rasul Paulus dalam membaca, mari kita meluangkan waktu setiap hari untuk membaca, dengan menjadikan buku Kabar Baik (Alkitab) sebagai bacaan utama sebelum membaca buku yang lain. Kiranya kita menjadi orang percaya yang gemar membaca. --Sigit Kurniawan D P /Renungan Harian

MEMBACA SAMA DENGAN BELAJAR,
TIDAK MENGENAL USIA DAN WAKTU.

*******************************

No.194. Bacaan Alkitab : Ibrani 8: 1-2
Sekilas Gambaran Surga

CPG (Christian Pocket Guide).- Monday, 15 September 2014
Sekilas Gambaran Surga
15 September 2014
Bacaan Hari ini:
Ibrani 8: 1-2 "Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga, dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia."
--------------------------------------
Penting untuk diingat bahwa surga adalah tempat yang nyata.
Sering kali kita membayangkan surga itu sebuah tempat yang luas, yang tembus pandang, yang dipenuhi dengan pelayanan gerejawi yang tak ada hentinya.
Beberapa orang mungkin berpikir, "Saya tidak yakin. Saya tidak tahu apakah" saya akan pergi surga dan hanya duduk-duduk di awan, memetik kecapi dan bernyanyi selamanya.
Jika seperti itu adanya, sepertinya saya lebih suka tinggal di bumi. "Inilah kesalahpahaman yang paling lazim tentang surga. Sebenarnya apa yang kita sukai tentang bumi? Kita suka keindahannya. Kita suka" sukacitanya. Kita suka cinta kasih dari" keluarga, teman-teman, dan persahabatan kita.
Ada begitu banyak hal yang kita nikmati di bumi.
Allah telah menganugerahkan kita itu semua, jadi kita tidak perlu merasa tidak enak jika menikmatinya.
Tetapi ini yang kita perlu tahu: bumi bukanlah tempat yang nyata.
Surga itu asli, dan bumi hanyalah tiruannya.

Bait Suci (Kemah Suci) yang dibangun di Yerusalem adalah tiruan Bait Allah yang ada di surga. Ibrani 8: 5 memberitahu kita, "Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di sorga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: "Ingatlah," demikian firman-Nya, "bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu.""
Seperti yang ditulis C.S. Lewis, "Semua hal-hal yang pernah begitu menguasai jiwa Anda, bukannya surga" sekilas pandangan yang menggoda, janji-janji yang tak pernah memuaskan Anda, gema suara yang segera mati begitu masuk ke telinga Anda..." Itu semua tak nyata, hanya surga yang nyata.
Hal-hal yang paling kita nikmati di bumi sedang menanti kita di surga, namun dalam keadaan dan waktu yang sempurna. "Kita tidak akan kehilangan apa-apa".
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 22-24; II Korintus 9
____________________________________
Surga adalah tempat yang nyata untuk damai sejahtera yang nyata.
(Diterjemahkan dari Daily Devotion by Greg Laurie)

*******************************

No.195. Bacaan Alkitab : Filipi 1:3-11
MEMPERSIAPKAN MASA LALU

Tampilan cetak
Selasa, 16 September 2014
Bacaan Alkitab : Filipi 1:3-11
Ucapan syukur dan doa
(3) Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. (4) Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. (5) Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini. (6) Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus. (7) Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil. (8) Sebab Allah adalah saksiku betapa aku dengan kasih mesra Kristus Yesus merindukan kamu sekalian. (9) Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, (10) sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, (11) penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.
----------------------------
Setahun : Daniel 4-6
----------------------------
Nats : Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. (Filipi 1:3)
----------------------------
MEMPERSIAPKAN MASA LALU
Pernahkah kita membuka-buka album foto lama? Ingatan dan komentar apa yang muncul pada waktu kita menelusuri wajah demi wajah? Tentu ada nama dan wajah yang menimbulkan rasa kangen dan kenangan baik. Namun, tak jarang pula kita punya catatan buruk untuk teman tertentu dan berharap jangan sampai berjumpa lagi dengannya. Pernahkah kita berpikir akan komentar teman-teman kita apabila mereka melihat foto kita? Foto kita membawa kenangan baik atau buruk?

Setiap kali Paulus mengingat jemaat Filipi, muncullah ucapan syukurnya. Ketika ia berdoa untuk mereka, ia berdoa dengan sukacita. Jelas sekali Paulus memiliki kenangan indah tentang hidup dan pekerjaan pelayanan jemaat Filipi. Ia melihat karya Allah yang sangat kuat di dalam jemaat ini. Tentu Filipi bukanlah jemaat yang tanpa cela. Namun, ketidaksempurnaan mereka rasanya seperti tertutup dengan menonjolnya hal-hal baik yang tidak mudah dilupakan. Jemaat Filipi menjadi berkat khusus bagi Paulus, bahkan ketika mereka telah terpisah jarak dan waktu.

Reaksi dan kometar apa yang kita ingin dengar setiap kali orang mengingat nama atau wajah kita? Apakah kita rindu membuat orang terus mengingat karya Allah melalui hidup kita? Kalau kita rindu orang memiliki kenangan baik dan bersyukur kepada Allah atas hidup kita kelak, sekaranglah waktu untuk memulainya. Ingat, hari-hari yang kita lewati sekarang ini akan menjadi "masa lalu" di kemudian hari. Maka, mulailah mempersiapkan masa lalu sejak sekarang, agar kelak menjadi kenangan indah. --Petrus Budi S /Renungan Harian

BILA KITA MERINDUKAN KEHIDUPAN BAIK YANG AKAN DIKENANG,
MULAILAH MERENDANYA SEJAK SEKARANG.

*******************************

No.196. Bacaan Alkitab : Kisah Para Rasul 16:25
Banyak Yang Harus Dinyanyikan

CPG (Christian Pocket Guide).- Tuesday, 16 September 2014
Banyak Yang Harus Dinyanyikan
16 September 2014
Bacaan Hari ini:
Kisah Para Rasul 16:25 "Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka."
--------------------------------------
Jika kita menilai orang Kristen dari musikalitasnya saja, jelas orang Kristen memilikinya.
Teman saya, Marty Goetz mengatakan bahwa sebagai anak muda Yahudi, ia iri dengan orang Kristen karena ketika dia merayakan Hanukah, orang Kristen merayakan Natal dengan lagu-lagu seperti "Gita Sorga Bergema, "Malam Kudus," atau "Kesukaan Bagi Dunia." Dia kagum dengan musik kita.

Tapi kita tidak menilai iman kita berdasarkan musikalitas kita, tetapi atas dasar apa yang kita percaya dan siapa yang kita percaya.
Orang Kristen sering bernyanyi karena kita punya banyak hal yang bisa dinyanyikan.
Ketika seorang percaya bisa memuji Allah di tengah-tengah pencobaan dan penderitaannya, dunia yang hilang ini akan memperhatikan.
Ketika Anda melalui kesulitan tapi masih bisa memuji Dia, orang yang tak percaya akan memperhatikan.
Contoh kasus: Paulus dan Silas dilemparkan ke dalam penjara karena memberitakan Injil.
Mereka dipukuli dan kaki mereka dipasung, tetapi Kisah Para Rasul 16:25 mengatakan, "Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka."

Dalam Wahyu 15, kita membaca bahwa para martir di masa Tribulasi (Kesengsaraan) menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!" (ayat 3).
Mereka telah melalui lautan api yang tak bisa digambarkan dahsyatnya; mereka dihukum mati karena iman mereka.
Namun pada akhirnya mereka pergi ke surga, menyanyikan lagu puji-pujian mereka.

Musik ibadah bukanlah suatu pertunjukan atau tontonan.
Para musisi dan vokalis di gereja bertujuan memimpin kita dalam ibadah.
Anda mungkin berkata, "Tapi aku tidak punya suara yang bagus." Jika suara yang pas-pasan saja tidak menghentikan ribuan orang mengikuti audisi American Idol, seharusnya itu juga bukan menjadi alasan buat Anda mempersembahkan puji-pujian bagi-Nya.
Anda tidak bernyanyi untuk siapa-siapa.
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 25-27; II Korintus 10
____________________________________
Ketika Anda menyembah, Anda bernyanyi untuk satu penonton: Allah. Jadi, mari kita berlatih dari sekarang.
(Diterjemahkan dari Daily Devotion by Greg Laurie)

*******************************

No.197. Bacaan Alkitab : Nehemia 9:26-37
PERINGATAN YANG MENYELAMATKAN

Tampilan cetak
Rabu, 17 September 2014
Bacaan Alkitab : Nehemia 9:26-37
(26) Tetapi mereka mendurhaka dan memberontak terhadap-Mu. Mereka membelakangi hukum-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu yang memperingatkan mereka dengan maksud membuat mereka berbalik kepada-Mu. Mereka berbuat nista yang besar. (27) Lalu Engkau menyerahkan mereka ke tangan lawan-lawan mereka, yang menyesakkan mereka. Dan pada waktu kesusahan mereka berteriak kepada-Mu, lalu Engkau mendengar dari langit dan karena kasih sayang-Mu yang besar Kauberikan kepada mereka orang-orang yang menyelamatkan mereka dari tangan lawan mereka. (28) Tetapi begitu mereka mendapat keamanan, kembali mereka berbuat jahat di hadapan-Mu. Dan Engkau menyerahkan mereka ke tangan musuh-musuh mereka yang menguasai mereka. Kembali mereka berteriak kepada-Mu, dan Engkau mendengar dari langit, lalu menolong mereka berulang kali, karena kasih sayang-Mu. (29) Engkau memperingatkan mereka dengan maksud membuat mereka berbalik kepada hukum-Mu. Tetapi mereka bertindak angkuh, mereka tidak patuh kepada perintah-perintah-Mu dan mereka berdosa terhadap peraturan-peraturan-Mu, yang justru memberi hidup kepada orang yang melakukannya. Mereka melintangkan bahu untuk melawan, mereka bersitegang leher dan tidak mau dengar. (30) Namun bertahun-tahun lamanya Engkau melanjutkan sabar-Mu terhadap mereka. Dengan Roh-Mu Engkau memperingatkan mereka, yakni dengan perantaraan para nabi-Mu, tetapi mereka tidak menghiraukannya, sehingga Engkau menyerahkan mereka ke tangan bangsa-bangsa segala negeri. (31) Tetapi karena kasih sayang-Mu yang besar Engkau tidak membinasakan mereka sama sekali dan tidak meninggalkan mereka, karena Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang. (32) Sekarang, ya Allah kami, Allah yang maha besar, kuat dan dahsyat, yang berpegang pada perjanjian dan kasih setia-Nya, janganlah Kaupandang remeh segala kesusahan yang telah dialami oleh kami, oleh raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami, imam-imam kami, nabi-nabi kami dan nenek moyang kami, ya oleh seluruh umat-Mu, sejak zaman raja-raja Asyur sampai hari ini. (33) Tetapi Engkaulah yang benar dalam segala hal yang menimpa kami, karena Engkau berlaku setia dan kamilah berbuat fasik. (34) Juga raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami, imam-imam kami, dan nenek moyang kami tidak melakukan hukum-Mu. Mereka tidak memperhatikan perintah-perintah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu yang Kauberikan kepada mereka. (35) Dalam kedudukan sebagai raja mereka tidak mau beribadah kepada-Mu, walaupun Engkau telah mengaruniakan kepada mereka banyak kebaikan dan telah menyediakan bagi mereka tanah yang luas dan subur. Mereka tidak berbalik dari perbuatan-perbuatan mereka yang jahat. (36) Lihatlah, sekarang ini kami adalah budak. Ya, di tanah yang Kauberikan kepada nenek moyang kami untuk mengecap hasilnya dan segala kekayaannya kami ini adalah budak. (37) Tanah itu menghasilkan banyak bagi raja-raja yang telah Kautetapkan atas kami karena dosa-dosa kami. Mereka itu memerintah sekehendak hati atas diri kami dan ternak kami, sehingga kami dalam kesesakan besar."
----------------------------
Setahun : Daniel 7-9
----------------------------
Nats : Mereka tidak memperhatikan perintah-perintah-Mu dan peringatan-peringatan-Mu yang Kauberikan kepada mereka. (Nehemia 9:34b)
----------------------------
PERINGATAN YANG MENYELAMATKAN
Pada 10 Maret 1989, pesawat Fokker F-28 milik Air Ontario jatuh di Dryden, Ontario, Kanada, akibat tumpukan salju dan menewaskan banyak orang. Setelah penyelidikan yang dipimpin Virgil P. Moshansky, Air Ontario mendapatkan dua peringatan. Pertama, mereka harus meningkatkan manajemen keselamatan. Kedua, para pilot dilatih tentang pencairan es. Tetapi, 15 bulan kemudian Fokker F-28 jatuh lagi. Ternyata peringatan Moshansky tak ditindaklanjuti. Setelah kecelakaan kedua dengan jumlah korban lebih banyak ini, barulah peringatan Mohansky mulai diperhatikan.

Dalam bacaan kita hari ini, Nehemia mengakui dosa bangsa Israel mulai dari para pemimpin sampai rakyat. Mereka menolak dan mengabaikan peringatan Tuhan yang selalu disampaikan para nabi, dan berulang-ulang melakukan pelanggaran yang mendukakan hati Tuhan. Padahal, tujuan peringatan Tuhan itu tidak lain agar mereka hidup, agar mereka selamat (Neh 9:29). Akibat kekerasan hati bangsa Israel, mereka akhirnya malah kembali lagi menjadi budak (Neh 36).

Sering kali kita membaca dan mendengar Firman Tuhan yang memperingatkan kita, tapi kita sering menyepelekannya sampai suatu masalah terjadi. Sering kali setelah kita berulang-ulang terpuruk, setelah kita kehilangan sesuatu yang berharga, atau setelah nama kita tercemar, barulah kita sadar akan betapa seriusnya peringatan Tuhan itu. Janganlah kita menunda lagi untuk memperhatikan dan menaati peringatan-Nya. Mengapa kita harus menunggu sampai hidup kita hancur? --Yesaya Edy S /Renungan Harian

MEMPERHATIKAN PERINGATAN TUHAN
MENJAUHKAN KITA DARI KEHANCURAN.

*******************************

No.198. Bacaan Alkitab : Pengkhotbah 4:12
Pengendalian Diri Adalah Pengendalian Dari Allah

CPG (Christian Pocket Guide).- Wednesday, 17 September 2014
Pengendalian Diri Adalah Pengendalian Dari Allah
17 September 2014
Bacaan Hari ini:
Pengkhotbah 4:12 "Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan."
--------------------------------------
Tidak ada yang dapat Anda kerjakan sebaik ketika Anda melakukannya bersama Kristus.
Setiap pergumulan yang Anda hadapi akan lebih mudah ditaklukkan jika dengan bantuan-Nya.

Jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa Anda harus membereskan semua kekacauan yang Anda lakukan sebelum meminta bantuan Tuhan.
Mengapa? sebab itu bagaikan mencoba menyembuhkan diri sendiri dari penyakit sebelum Anda pergi ke dokter.
Pergilah kepada Tuhan dahulu dan minta bantuan-Nya dalam semua pergumulan Anda.

Rahasia dari pengendalian diri adalah pengendalian dari Kristus.
Kemudian, ketika Anda menghadapi godaan yang menurut Anda terlalu kuat untuk di tolak, ingatlah bahwa Dia ada bersama Anda, lalu serahkan segala godaan itu kepada-Nya.
Ingat, Kristus memberi kekuatan untuk mengubah hidup Anda!
Namun ada dua hal yang masih harus Anda lakukan untuk membangun pengendalian diri: Hindari godaan.
Mudah saja, gunakan akal sehat Anda: Jangan menempatkan diri ke dalam situasi di mana Anda rasa akan mendapat godaan.
Jika Anda tengah bergumul dengan alkohol, jangan pergi ke tempat hiburan malam.
Jika Anda tengah bergumul untuk menurunkan berat badan, jangan menyimpan es krim di dalam kulkas Anda.

Lakukan apa pun yang harus Anda lakukan untuk menghindari godaan.
Buat diri Anda menjadi orang yang lebih bertanggung jawab.
Cari seseorang yang bisa memantau aktivitas Anda, yang berdoa untuk Anda, dan yang mendorong Anda di area dimana Anda rasa membutuhkan lebih pengendalian diri.
Pengkhotbah 4:12 mengatakan, "Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan."

Jika Anda serius ingin mengembangkan kontrol diri Anda, carilah sesama orang Kristen yang Anda percaya, dan ungkapkan pergumulan Anda, "Aku sedang menghadapi masalah ini. Aku sudah mengakuinya kepada Allah. Aku sudah minta pengampunan-Nya. Sekarang aku mohon bantuanmu. Maukah kau menjadi 'temanku," yang bisa kuhubungi saat aku membutuhkan dukungan dan dorongan?"
Saya percaya Allah mau setiap gereja diisi dengan relasi "pertemanan semacam ini, sebuah relasi dimana satu sama lain saling bertanggung jawab, relasi dimana satu sama lain saling membantu dan mendorong di dalam Kristus.
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 28-29; II Korintus 11
____________________________________
Menguasai diri dalam segala keadaan sebagai bentuk cerminan bahwa pengedalian diri Anda berasal dari Allah sendiri.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

*******************************
*******************************