7. Jul, 2014

Catatan Anna untuk : Firman Tuhan No. 25 - No.30

Catatan Anna untuk : Firman Tuhan No. 25 - No.30

F.Tuhan No. 25 - No. 30
************************
Catatan Anna untuk : Firman Tuhan No. 25 - No.30
*************************
Firman Tuhan No. 25 - No. 30
*************************
25. Bacaan Alkitab : 2 Kotintus 5:11-21
KUDA BERSAYAP

26. Bacaan Alkitab : 2 Kotintus 5:11-21
Obat untuk Dosa Kita

27. Bacaan Alkitab : Amsal 3:1-8
RESEP PANJANG UMUR

28. Bacaan Alkitab : Efesus 6:12
Pertempuran yang Berbeda

29. Bacaan Alkitab : Matius 12:9-15A
MELANGGAR ATURAN?

30. Bacaan Alkitab : Matius Wahyu 12:7
Allah Tidak Ada Bandingannya

****************************************************

No. 25. Bacaan Alkitab : 2 Kotintus 5:11-21
KUDA BERSAYAP

Tampilan cetak
Senin, 23 Juni 2014
Bacaan Alkitab : 2 Kotintus 5:11-21
Pelayanan untuk pendamaian
(11) Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang. Bagi Allah hati kami nyata dengan terang dan aku harap hati kami nyata juga demikian bagi pertimbangan kamu. (12) Dengan ini kami tidak berusaha memuji-muji diri kami sekali lagi kepada kamu, tetapi kami mau memberi kesempatan kepada kamu untuk memegahkan kami, supaya kamu dapat menghadapi orang-orang yang bermegah karena hal-hal lahiriah dan bukan batiniah. (13) Sebab jika kami tidak menguasai diri, hal itu adalah dalam pelayanan Allah, dan jika kami menguasai diri, hal itu adalah untuk kepentingan kamu. (14) Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. (15) Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka. (16) Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian. (17) Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. (18) Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. (19) Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. (20) Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah. (21) Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.
--------------------------
Setahun : Ayub 34-37
--------------------------
Nats : Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. (2 Korintus 5:17)
--------------------------
KUDA BERSAYAP
Saya hapal nas hari ini. Menurut ayat ini, orang yang percaya pada berita Injil-bahwa "Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggar an mereka" (ay. 19)-berubah menjadi "ciptaan baru". Pertanyaannya, kebaruan seperti apa? Seperti gadget yang terus diperbarui sehingga semakin canggih?

Ternyata, lebih dari itu. C.S. Lewis memaparkannya dengan menarik. "Sekadar perbaikan hidup itu bukan penebusan, meskipun penebusan selalu memperbaiki kehidupan orang termasuk di sini dan saat ini serta nanti, pada akhirnya, memperbaikinya sampai taraf yang belum dapat kita bayangkan. Allah menjadi manusia untuk mengubah makhluk ciptaan-Nya menjadi anak: bukan sekadar untuk menghasilkan manusia lama yang lebih baik, melainkan untuk menghasilkan manusia yang baru sama sekali. Penebusan itu bukan seperti mengajari kuda untuk melompat semakin baik, melainkan seperti mengubah kuda menjadi makhluk bersayap. Tentu saja, begitu ia mendapatkan sayap, ia akan dapat terbang melampaui pagar yang dulu tidak mungkin ia lompati dan, dengan demikian, mengalahkan kuda biasa yang paling hebat sekalipun. Namun, akan ada suatu kurun waktu ketika sayap itu baru saja mulai bertumbuh, ketika ia belum dapat terbang. Pada saat itu benjolan di punggung-yang nantinya akan berubah menjadi sayap-mungkin malah membuatnya tampak aneh."

Menyadari makna kebaruan ini, saya tertunduk dan bersyukur. Kita adalah ciptaan baru yang terus bertumbuh dalam anugerah-Nya! --Arie Saptaji /Renungan Harian

ALLAH BUKAN SEKADAR MEMPERBAIKI KEHIDUPAN KITA;
DIA PADA DASARNYA MENGUBAH HIDUP KITA MENJADI BARU.
****************************************************

No. 26. Bacaan Alkitab : 2 Kotintus 5:11-21
Obat untuk Dosa Kita

CPG (Christian Pocket Guide).- Monday, 23 June 2014
Obat untuk Dosa Kita
23 Juni 2014
Bacaan Hari ini:
Yakobus 2:10 "Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya."

--------------------------------------
Hanya satu orang yang hidup di muka bumi ini yang berhasil menjalankan Sepuluh Perintah Allah dengan sempurna, dialah Yesus.
Semua orang telah gagal melakukannya.

Tanpa disadari, kita telah melanggar Sepuluh Perintah Allah dalam berbagai hal.
Kita pernah menyebut nama-Nya dengan sembarangan.
Kita pernah memiliki allah lain di hadapan-Nya.
Kita pernah berbohong.
Mungkin kita pernah mencuri atau melakukan perzinahan atau bahkan pembunuhan.
Atau paling tidak, kita pernah iri atau membenci.
Namun Alkitab menjelaskan bahwa jika kita mengabaikan satu bagian dari hukum itu, maka kita bersalah teradap seluruhnya (lihat Yakobus 2:10)

Lalu mengapa Allah memberi kita perintah-perintah ini?
Perintah ini tidak diberikan untuk membuat kita menjadi orang benar, tapi untuk menunjukkan kepada kita bahwa kita salah.
Perintah ini diberikan untuk menunjukkan kepada kita bahwa kita tidak memenuhi standar Allah.
Perintah ini dberikan untuk menunjukkan kepada kita bahwa kita perlu bantuan.
Kesepuluh perintah ini mendorong kita masuk ke dalam tangan terbuka Yesus, yang mati di kayu salib untuk menanggung semua dosa kita.

Alkitab berkata, "Dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib" (Kolose 2:14). Arti ayat ini ialah Yesus menanggung hukuman dari kesepuluh Perintah tersebut yang jika kita melanggarnya, "Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati" (Yehezkiel 18:20 a).
Ia mati menggantikan kita dan menyerap murka Allah yang seharusnya dijatuhkan atas saya dan Anda.

Alkitab mengatakan, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan" (1 Yohanes 1:9).
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Ester 9-10; Kisah Para Rasul 7:1-21
____________________________________
Mungkin Anda perlu bertobat atas beberapa dosa. Allah akan mengampuni Anda, tapi dengan catatan, Anda harus mengakui dosa Anda, berhenti membuat alasan, dan jangan berbalik lagi.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)
****************************************************

No. 27. Bacaan Alkitab : Amsal 3:1-8
RESEP PANJANG UMUR

Tampilan cetak
Selasa, 24 Juni 2014
Bacaan Alkitab : Amsal 3:1-8
Berkat dari hikmat
(1) Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, (2) karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu. (3) Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, (4) maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia. (5) Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. (6) Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. (7) Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; (8) itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.
--------------------------
Setahun : Ayub 38-40
--------------------------
Nats : Itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu. (Amsal 3:8)
--------------------------
RESEP PANJANG UMUR
Resep panjang umur ternyata sederhana saja. Tomoji Tanabe, warga Jepang yang dinobatkan Guinness World Records sebagai laki-laki tertua, meninggal dunia pada 2009 dalam usia 113 tahun. Ia berkata, dirinya pantang minum alkohol, tidak merokok, dan selalu minum segelas susu setiap hari. Ketika ditanya berapa lama ia ingin hidup, mantan pegawai negeri itu menjawab, "Saya tidak ingin mati." Pada 2007 Tanabe bertemu dengan walikota untuk menerima sertifikat dari Guinness.

Tanabe panjang umur karena ia memelihara tubuhnya dengan baik. Ia tidak mengotorinya dengan hal-hal yang mengancam kesehatan, dan mengkonsumi hal-hal yang berguna bagi tubuhnya.

Raja Salomo menawarkan resep panjang umur yang lebih jitu. Apakah itu? Jangan melupakan ajaran Tuhan dan memelihara perintah-Nya. Baik ajaran maupun perintah-Nya kita simpan di dalam pikiran dan hati. Dengan itu, kita dapat mengalami panjang umur dan lanjut usia serta bonus kesejahteraan. Dahsyat, bukan?

Dengan menyimpan segala perintah dan ajaran Tuhan di dalam hati, niscaya hidup kita menjadi lebih tenang, penuh sukacita dan damai sejahtera. Jika kita hidup dengan penuh kasih, setia akan janji Tuhan dan mempercayakan diri kepada-Nya, hal itu akan memancarkan energi positif bagi jiwa dan raga. Selagi Tuhan memberi kita kesempatan untuk hidup, pergunakanlah dengan sebaik-baiknya hidup ini. Kalau tidak, untuk apa diberi umur panjang, tetapi kita tidak dapat mendayagunakannya dengan berbuat kebaikan? --Eddy Nugroho /Renungan Harian

UMUR PANJANG ADALAH KESEMPATAN DAN TANGGUNG JAWAB
UNTUK BERBUAT BAIK DAN MEMULIAKAN TUHAN.
****************************************************

No. 28. Bacaan Alkitab : Efesus 6:12
Pertempuran yang Berbeda

CPG (Christian Pocket Guide).- Tuesday, 24 June 2014
Pertempuran yang Berbeda
24 Juni 2014
Bacaan Hari ini:
Efesus 6:12 "Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara."
--------------------------------------
Kapten Scotty Smiley telah mengabdi pada negaranya dengan gagah berani.
Selama menjalankan tugasnya, ia telah menghadapi banyak kesulitan besar.
Kapten Smiley adalah seorang tentara keamanan dan pasukan penyelam tempur Angkatan Darat Amerika Serikat.
Dia juga merupakan tentara dan panglima batalion Angkatan Darat pertama yang mengalami kebutaan dan yang masih aktif.
Pada bulan April 2006. Kapten Smiley kehilangan indra penglihatannya ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya sendiri, dengan berjarak hanya 30 meter dari kendaraan yang dinaikinya.

Dia telah menghadapi kesulitan ini dengan iman yang besar dan keberanian, sungguh satu contoh yang luar biasa bagi siapa pun yang hidup dengan kecacatan fisik.
Sejak kehilangan penglihatannya, ia telah mendaki Gunung Rainier, mengikuti lomba triatlon, ski, dan terjun payung, serta meraih gelar M.B.A.
Dia diberi gelar Tentara Terbaik pada tahun 2007, dan kemudian menuliskan kisahnya dalam sebuah buku berjudul Harapan yang Tak Terlihat.
Kapten Smiley adalah contoh keberanian di medan pertempuran.

Sebagai orang Kristen, kita juga tengah berada di medan pertempuran, dengan petempuran yang berbeda, tentunya.
Bukan peperangan fisik, tapi peperangan spiritual, yang sama sulitnya.
Alkitab mengatakan bahwa kita tengah "melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara" (Efesus 6:12).
Kita akan amat terkejut jika seandainya Allah menyingkap dan memampukan kita melihat ke dalam dunia spiritual-dunia Allah dan iblis, dunia malaikat dan iblis, dunia surga dan neraka.

Seperti yang sering saya katakan, kehidupan Kristen bukanlah taman bermain; ini medan pertempuran.
Jadi, inilah pilihan kita: untuk menang atau kalah, berhasil atau gagal, maju atau mundur dalam pertempuran hidup ini.

Mana yang Anda pilih?
Ini adalah keputusan yang kita semua harus buat.
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 1-2; Kisah Para Rasul 7:22-43
____________________________________
Kehidupan Kristen bukanlah taman bermain, ini adalah medan pertempuran. Mana yang akan Anda pilih? menjadi menang atau kalah? Pilihan ada di tangan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)
****************************************************

No. 29. Bacaan Alkitab : Matius 12:9-15A
MELANGGAR ATURAN?

Tampilan cetak
Rabu, 25 Juni 2014
Bacaan Alkitab : Matius 12:9-15A
Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat
(9) Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka. (10) Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia. (11) Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya? (12) Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat." (13) Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain. (14) Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. (15) Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana.
--------------------------
Setahun : Ayub 41-42
--------------------------
Nats : Bukankah manusia jauh lebih berharga daripada domba? Karena itu, boleh berbuat baik pada hari Sabat. (Matius 12:12)
--------------------------
MELANGGAR ATURAN?
Pak Seno, buruh pabrik tekstil, datang terlambat lima belas menit. Menurut peraturan, karyawan yang terlambat tidak boleh masuk kerja dan gajinya dipotong. Esoknya pihak pabrik ditelepon rumah sakit yang berterima kasih atas aksi heroik Pak Seno, yang hari sebelumnya menyelamatkan seorang anak kecil korban tabrak lari. Oleh rumah sakit, Pak Seno diberi penghargaan. Tentu saja kepala pabrik malu karena telah terburu-buru menjatuhkan sanksi kepada Pak Seno.

Terkadang kita mudah menjatuhkan hukuman kepada seseorang berdasarkan aturan yang kaku tanpa memperhatikan nilai kemanusiaan. Yesus juga dipersalahkan karena menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat. Bagi Yesus, nilai hidup manusia lebih penting daripada berbagai peraturan Sabat. Itu sebabnya Yesus berani "melanggar peraturan" itu demi menyembuhkan dan menyelamatkan orang yang mati sebelah tangannya itu. Tindakan-Nya itu menyulut kemarahan orang-orang Farisi yang bersekongkol hendak membunuh-Nya. Yesus pun mesti rela menanggung kecaman sebagian orang akibat perbuatan baik yang Dia lakukan.

Kita dapat menghadapi pilihan untuk menolong sesama dan dinilai melanggar peraturan atau menaati peraturan dan mengabaikan penderitaan sesama. Kita butuh keberanian untuk meneladani keputusan Yesus. Nilai kasih kepada sesama lebih tinggi dari kepatuhan pada peraturan. Membantu meringankan beban sesama harus dilakukan meski untuk hal itu kita dianggap tidak taat dan ikut menanggung risikonya. --Samuel Yudi Susanto /Renungan Harian

KASIH DAN KEPEDULIAN PADA SESAMA MENGATASI
KEKAKUAN HUKUM DAN PERATURAN.
****************************************************

No. 30. Bacaan Alkitab : Matius Wahyu 12:7
Allah Tidak Ada Bandingannya

CPG (Christian Pocket Guide).- Wednesday, 25 June 2014
Allah Tidak Ada Bandingannya
25 Juni 2014
Bacaan Hari ini:
Wahyu 12:7 "Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,"
--------------------------------------
Dalam Wahyu 12, kita membaca satu peperangan di surga, dimana malaikat Mikhael betempur melawan iblis.
Kedua malaikat yang kuat ini beperang melawan satu sama lain.
Ini ironis, karena mereka pernah melayani di sisi yang sama.

Ini tidak sama dengan Perang Saudara Amerika Serikat, dimana Jenderal Grant memimpin pasukan Union, dan Jenderal Lee memimpin pasukan Konfederasi.
Sebelum perang ini pecah, mereka berdua belajar di Akademi Militer Amerika Serikat di West Point.
Mereka berdua juga sama-sama pernah mengabdi pada negaranya dalam Perang Meksiko-Amerika.
Tapi kemudian dalam Perang Saudara ini, mereka mendapati diri mereka berada pada sisi yang berlawanan, dimana akhirnya Jenderal Grant menang atas Jenderal Lee.

Dalam hal yang sama, kita mendapati malaikat Mikhael akhirnya menang atas Lucifer.
Dan ini yang harus kita ketahui:
iblis tidak ada bandingannya dengan Allah.

Ini yang perlu kita ketahui tentang Allah:
Dia mahakuasa, yang berarti Ia memiliki kekuasaan yang tak terbatas.
Dia maha tahu, yang berarti Ia memiliki pengetahuan yang tak terbatas.
Dan Dia mahahadir, yang berarti Ia ada di mana-mana.

Iblis tidak ada apa-apanya dibanding dengan itu semua.
Iblis tentu saja tidak mahakuasa.
Iblis punya kekuatan yang besar, tapi itu tak sebanding dengan kuasa Allah.
Iblis tidak maha tahu, dia tahu banyak hal, tapi dia tidak tahu semua hal, layaknya Allah.
Iblis tidak maha hadir, dia hanya bisa berada di satu tempat di satu waktu.
Jadi ketika kita mengatakan setan sedang menggoda kita, yang benar adalah, itu pekerjaan salah satu anak buah Iblis.
Iblis punya jaringan terorganisir yang terdiri dari para malaikat jahat, dikenal sebagai setan, yang menjalankan perintah-perintahnya.

Setan tidak ada bandingannya dengan Allah.
Setan perkasa, tetapi Allah Maha Kuasa.
Setan perusak, tetapi Allah pada akhirnya akan menghancurkan si perusak itu.
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 3-4; Kisah Para Rasul 7:44-60
____________________________________
Allah yang akan berperang menggantikan Anda melawan kedagingan dan setan. Bagian Anda hanya melakukannya saja.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

****************************************************