7. Apr, 2020

<< Ren.Har. Senin, 06 April 2020 >>

<< Ren.Har. Senin, 06 April 2020 >>

Renungan Harian (677.3)
Senin, 06 April 2020

Selamat pagi Saudara-Saudara yang kukasih, selamat membaca Renungan Pagi ini. Biarlah Tuhan berbicara kepada kita melalui Firman-Nya, Puji Tuhan.
Kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai kita sekalian dan menyertai semua orang di dunia,dengan kasih yang tidak binasa.

<< Ren.Har. Senin, 06 April 2020 >>

Doa. : Hal Berdoa (Matius 6:5-15)
Jud. : Tolong Temani Aku
Bac. : Matius 26: 36-46
Nats. : Matius 26: 38
Bac.S. : 1 Samuel 17-18

Bacaan Alkitab : Matius 26: 36-46
Di taman Getsemani
(36) Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Duduklah di sini, sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa." (37) Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar, (38) lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku." (39) Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (40) Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? (41) Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." (42) Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku jikalau cawan ini tidak mungkin lalu, kecuali apabila Aku meminumnya, jadilah kehendak-Mu!" (43) Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat. (44) Ia membiarkan mereka di situ lalu pergi dan berdoa untuk ketiga kalinya dan mengucapkan doa yang itu juga. (45) Sesudah itu Ia datang kepada murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Lihat, saatnya sudah tiba, bahwa Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa. (46) Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat."

Ayat Nats. : Matius 26: 38
(38) lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku."

Bacaa Alkitab Setahun : 1 Samuel 17-18
1 Samuel 17

1 Samuel 18

—————

  Tampilan cetak

  edisi sebelum | 04/Edisi 2020 | edisi berikut

Senin, 6 April 2020

Bacaan   : Matius 26:36-46
Setahun : 1 Samuel 17-18
Nas       : Lalu kata-Nya kepada mereka, "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku." (Matius 26:38)

Tolong Temani Aku
Pada waktu Ibu saya meninggal dunia, merasa kehilangan dan sangat sedih itu pasti. Saya terhibur saat saudara dan kawan berdatangan menemani dan mengucapkan turut berdukacita. Tapi akhirnya satu per satu mereka pamit pulang. "Tolong temani aku, " itulah yang saya katakan kepada pacar (sekarang istri saya). Kala itu tinggal saya dan dia di rumah duka. Calon istri menemani selama beberapa jam. Saya terhibur dengan kehadirannya.
"Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku, " itulah permintaan Yesus kepada Petrus dan kedua anak Zebedeus. Hati Yesus sangat sedih, seperti mau mati rasanya, sehingga Dia butuh dukungan orang-orang terdekat. Setelah itu, Yesus berdoa kepada Bapa. Yesus mau menuruti kehendak Bapa, bukan kehendak-Nya. Selesai berdoa, Yesus mendapati ketiga murid-Nya tidur. Yesus meminta mereka berjaga-jaga dan berdoa agar tidak jatuh ke dalam pencobaan, karena roh memang penurut, tetapi daging lemah (ay. 41). Yesus berdoa tiga kali. Selesai berdoa, Yesus siap menjalani salib untuk menebus dosa umat manusia. Orang terdekat bisa menemani dan mendukung, tapi hanya sementara. Saat kita berdoa kepada Tuhan, kita dikuatkan dan dimampukan Tuhan untuk menjalani hal-hal terberat.
Kalau saat ini kita mengalami pergumulan sangat berat, orang terdekat yang kita kasihi meninggal dunia, kita divonis dokter sakit serius dan umur kita tidak lama, berdoalah seperti Yesus berdoa. Beryukurlah kalau Tuhan melalui orang-orang terdekat, menemani, mendukung, dan menguatkan kita. --RTG/www.renunganharian.net

KEHADIRAN DAN DUKUNGAN KITA KEPADA
ORANG YANG BERBEBAN BERAT SANGAT BESAR DAMPAKNYA.

(ay.41) Matius 26: 41
(41) Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
—————
Puji Tuhan, Trima Kasih Bapa kami yang di Sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami, karena itulah yang Tuhan Yesus ajarkan, agar kami mengampuni dahulu, semua kesalahan orang kepada kami, supaya Bapa yang di Surga akan mengampuni kesalahan-kesalahan kami (Markus 11:25-26),
dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya), Puji Tuhan.
Terima kasih Tuhan Yesus untuk kesempatan Indah yang Tuhan telah berikan kepada kita semua ini, Puji Tuhan.
Tuhan Yesus tolonglah kami sesama saudara seiman bisa saling mendoakan satu sama lain, dan saling mendukung didalam persekutuan ini, Puji Tuhan.
Tuhan Yesus kami serahkan sepanjang hari kehidupan kami ini didalam lindungan tangan KasihMu, Puji Tuhan.
Hanya didalam Nama Tuhan Yesus Kristus, Tuhan kita, Juruslamat dan Penebus kita yang hidup, semua ini kami mohonkan, Puji Tuhan, Haleluya, Amin.

Have a nice day
Happy Monday
May God Bless you
Today and Always

Copyright: Sabda.org
http: //www.sabda.org/publikas/e-r
http: //www.renunganharian.net

Sumber:
[Muktiana Gumelar]
Blog. Rumah anak Tuhan
http. ///www.muktianapgumelar.net

Senin, 06 April 2020