3. Mar, 2016

Sabtu, 27 Februari 2016

Sabtu, 27 Februari 2016

Sabtu, 27 Februari 2016
Tampilan cetak edisi sebelum | 02/Edisi 2016 | edisi berikut
Sabtu, 27 Februari 2016

Bacaan : Ulangan 6:4-9
Setahun : Bilangan 32-33
Nats : Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. (Ulangan 6:7)

Membimbingnya Mengenal Allah
Sebelum naik perahu, putri kami yang belum genap lima tahun ditanya oleh sepupunya yang jauh lebih besar, "Kamu bisa berenang tidak? Kalau perahunya terbalik bagaimana? Nanti kamu tenggelam." Ia menjawab, "Biar saja. Nanti saya minta tolong Tuhan kirim ikan seperti Yunus." Senang sekali mendengar jawaban itu. Dengan polos, ia menghubungkan kisah Alkitab yang didengarnya sebelum tidur dengan kehidupan sehari-hari. Itu berarti, putri kecil kami memiliki iman sederhana kepada Allah yang mampu menyelamatkan. Ia telah belajar mengenal Allah.

Tugas mendidik anak dalam kerohanian terutama terletak pada pundak orangtua, bukan pada orang lain. Tetapi sayang, tidak semua orangtua Kristen memahami hal ini. Tidak jarang mereka mengeluhkan kelakuan buruk anak-anaknya kepada hamba Tuhan atau guru Sekolah Minggu, seolah-olah para pengurus gerejalah yang telah lalai dan harus bertanggung jawab. Bukankah anak-anak tumbuh di dalam pengawasan dan rumah kita sendiri? Itu berarti ada banyak kesempatan dalam keseharian kita untuk memperkenalkan Tuhan kepada mereka. Sebut saja: berdoa sebelum makan, menceritakan kisah Alkitab sebelum tidur, meminta pertolongan Tuhan ketika sakit, menegur ketika ada kebohongan, menyanyikan lagu-lagu rohani, dan sebagainya.

Kalau untuk keperluan jasmani kita berusaha sekuat tenaga mencukupkannya, mengapa untuk hal rohani tidak? Mari berusaha dengan giat menanamkan iman yang benar kepada anak-anak kita. Sebab itu adalah kewajiban, bukan pilihan. -- Nike Nilawatikresna/Renungan Harian

Pemberian terbaik orangtua kepada anak
adalah membimbingnya mengenal Allah.


Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA