25. Nov, 2014

(24.2)CPG (Christian Pocket Guide).- Monday, 24 November 2014

(24.2)CPG (Christian Pocket Guide).- Monday, 24 November 2014

(24.2)CPG (Christian Pocket Guide).-
Monday, 24 November 2014

Hati-Hati Dengan Ragi Orang Farisi
24 November 2014

Bacaan Hari ini:
Markus 8: 13-16 "Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang. Kemudian ternyata murid-murid Yesus lupa membawa roti, hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu. Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: "Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes." Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak mempunyai roti."

--------------------------------------
Pesan Sponsor :
HANYA 99rb Tas Ransel Laptop
http://goo.gl/coU1cB
--------------------------------------

Dalam Alkitab, ragi sering diibaratkan sebagai kesombongan dan keangkuhan diri. Mengapa? Bila Anda menaruh ragi ke dalam adonan, apa fungsinya? Mengembangkan adonan, tapi jika Anda memasukkan terlalu banyak membuatnya tak mengembang dengan sempurna.

Ketika Anda membuat kue, Anda tidak memerlukan banyak ragi. Jika Anda membuat roti, jangan menuangkan secangkir ragi. Anda hanya perlu sejumput kecil. Sama seperti ragi, Anda tidak harus memiliki kesombongan diri yang terlalu besar dalam meyelesaikan masalah.

Baru-baru ini saya dan istri saya, Kay terlibat dalam, Anda semua mungkin menyebutnya sebagai pertengkaran, tapi kami menyebutnya sebagai "tes kecocokkan." Setelah pertengkaran itu, saya menulis dalam jurnal saya, "Saat diri saya dipenuhi dengan keangkuhan, saya akan meledakkan banyak hal dengan tak terkendali."

Kita semua pernah melakukan ini. Ketika Anda penuh dengan kesombongan, emosi Anda meledak tak terkendali. Tiba-tiba, hal-hal kecil membuat Anda benar-benar marah. Setiap kali itu terjadi, Anda tahu bahwa Anda sedang berhadapan dengan kesombongan diri. Di mana pun Anda menemukan konflik di mana saja di dunia ini, itu pasti melibatkan keangkuhan diri.

Ketika Anda penuh dengan keangkuhan, ketika Anda memiliki ragi orang Farisi, coba tebak apa yang akan terjadi? Anda tidak bisa melihat kehidupan ini dengan jelas. Ketika Anda menyombongkan diri, Anda tidak bisa melihat apa yang sedaang Tuhan kerjakan dalam hidup Anda.

Allah ingin Anda berhati-hati dengan "ragi orang Farisi" supaya Anda bisa lebih sungguh- sungguh mengikut Dia dan memahami bagaimana Ia melakukan mukjizat atas hidup Anda.

Renungkan hal ini :

Mungkinkah kesombongan telah mempengaruhi hubungan Anda dengan orang lain? Bagaimana bisa begitu?

Mungkinkah kesombongan telah menahan pertumbuhan rohani Anda? Bagaimana bisa begitu?

Seperti apa rupa kesombongan diri dalam hidup Anda?

Dalam hal-hal apa saja, kesombongan diri telah membuat Anda tak bisa melihat rencana Allah atas hidup Anda?
____________________________________
Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 2:1-11 ; Ibrani 8

Mikha 2:1-11
Kutuk atas orang yang menindas
(1) Celakalah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan yang merencanakan kejahatan di tempat tidurnya; yang melakukannya di waktu fajar, sebab hal itu ada dalam kekuasaannya; (2) yang apabila menginginkan ladang-ladang, mereka merampasnya, dan rumah-rumah, mereka menyerobotnya; yang menindas orang dengan rumahnya, manusia dengan milik pusakanya! (3) Sebab itu beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku merancang malapetaka terhadap kaum ini, dan kamu tidak dapat menghindarkan lehermu dari padanya; kamu tidak dapat lagi berjalan angkuh, sebab waktu itu adalah waktu yang mencelakakan. (4) Pada hari itu orang akan melontarkan sindiran tentang kamu dan akan memperdengarkan suatu ratapan dan akan berkata: "Kita telah dihancurluluhkan! Bagian warisan bangsaku telah diukur dengan tali, dan tidak ada orang yang mengembalikannya, ladang-ladang kita dibagikan kepada orang-orang yang menawan kita." (5) Sebab itu tidak akan ada bagimu orang yang melontarkan tali dengan undian di dalam jemaah TUHAN. (6) "Janganlah ucapkan nubuat," kata mereka itu, "orang tidak mengucapkan nubuat seperti itu! Noda tidak akan menimpa kita." (7) Bolehkah hal itu dikatakan, keturunan Yakub? Apakah TUHAN kurang sabar? Atau seperti inikah tindakan-Nya? Bukankah firman-Ku baik terhadap orang yang benar kelakuannya? (8) Tetapi kamulah yang bangkit sebagai musuh terhadap umat-Ku. Kamu merebut jubah dari orang-orang yang suka damai, dari orang-orang yang berjalan lewat dengan tenteram, yang tidak cenderung kepada perang. (9) Para isteri di antara umat-Ku kamu halau dari rumah kesayangannya, dari bayi-bayinya kamu mengambil untuk selama-lamanya, semarak yang telah Kuberikan kepada mereka. (10) Bangkitlah dan pergilah, sebab ini bukan tempat perhentian bagimu! Oleh karena kenajisan maka kamu akan dibinasakan dengan kebinasaan yang tidak terpulihkan. (11) Seandainya seseorang datang mereka-reka yang hampa dan dusta: "Aku bernubuat kepadamu tentang anggur dan arak," maka dialah yang patut menjadi orang yang bernubuat terhadap bangsa ini!

Ibrani 8
Imam Besar perjanjian baru
(1) Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga, (2) dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia. (3) Sebab setiap Imam Besar ditetapkan untuk mempersembahkan korban dan persembahan dan karena itu Yesus perlu mempunyai sesuatu untuk dipersembahkan. (4) Sekiranya Ia di bumi ini, Ia sama sekali tidak akan menjadi imam, karena di sini telah ada orang-orang yang mempersembahkan persembahan menurut hukum Taurat. (5) Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di sorga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: "Ingatlah," demikian firman-Nya, "bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu." (6) Tetapi sekarang Ia telah mendapat suatu pelayanan yang jauh lebih agung, karena Ia menjadi Pengantara dari perjanjian yang lebih mulia, yang didasarkan atas janji yang lebih tinggi. (7) Sebab, sekiranya perjanjian yang pertama itu tidak bercacat, tidak akan dicari lagi tempat untuk yang kedua. (8) Sebab Ia menegor mereka ketika Ia berkata: "Sesungguhnya, akan datang waktunya," demikianlah firman Tuhan, "Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda, (9) bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka, pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Sebab mereka tidak setia kepada perjanjian-Ku, dan Aku menolak mereka," demikian firman Tuhan. (10) "Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. (11) Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku. (12) Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka." (13) Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.
____________________________________
Jangan sampai kesombongan menutup hati Anda untuk mujijat-Nya dinyatakan dalam hidup Anda. Minta ampun dan undang Dia masuk dalam hati Anda (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
____________________________________
NEW!
App CPG (Christian Pocket Guide) utk Android dgn fitur baru Radio, Video, Karaoke, Renungan Harian,dll!
Yuk download di Google Play:
http://goo.gl/8I4d7w